Rabu 23 Juni 2021, 18:22 WIB

Pemprov Jatim Berkomitmen Percepat Program Vaksinasi Covid-19

Mediaindonesia.com | Nusantara
 Pemprov Jatim Berkomitmen Percepat Program Vaksinasi Covid-19

Antara
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa

 

Pemerintah Provinsi Jawa Timur berkomitmen terus melakukan percepatan program vaksinasi sebagai salah satu upaya mengendalikan COVID-19.

"Kami tidak berhenti melakukannya, termasuk bersinergi dengan berbagai elemen untuk mempercepat vaksinasi," ujar Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang ditemui di sela-sela meninjau vaksinasi yang digelar "Grab" di salah satu pusat perbelanjaan di Surabaya, Rabu (23/6).

Baca juga : Jawa Timur Kembangkan Wisata Halal

Sampai saat ini, kata dia, tercatat Jatim masih menjadi provinsi yang tertinggi terhadap ketercapaian program vaksinasi.

Berdasarkan data dari Tim Satgas Penanganan COVID-19 Jatim, pada dosis pertama sudah dilakukan terhadap 4,2 juta lebih orang, sedangkan suntikan dosis kedua masih 1,8 juta lebih orang.

"Kami terus berupaya melaksanakan percepatan, salah satunya yang dilakukan hari ini. Terima kasih kepada pihak membantu, dan semoga elemen maupun komunitas lainnya juga melakukan langkah serupa," ucap dia.

Tim satgas, lanjut dia, diakuinya rutin melakukan kontrol dan evaluasi terhadap vaksinasi, seperti mendata 10 daerah tertinggi dan 10 daerah terendah, kemudian mendorong kabupaten/kota yang belum maksimal capaiannya agar lebih dimasifkan.

Menurut dia, menghadapi pandemi COVID-19 yang kini sedang mengalami lonjakan kasus, maka yang harus dilakukan adalah percepatan vaksinasi serta penebalan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro. "Kecenderungan saat ini memang sedang naik di semua provinsi, termasuk Jatim, karena pascalibur Lebaran yang diikuti hajatan cukup banyak tanpa memperhatikan protokol kesehatan ketat," katanya.

"Nah, salah satu pengendalian COVID-19 adalah membangun imunitas berbasis komunitas atau herd immunity, yang secara teoritik bisa terbangun kalau minimal 70 persen masyarakatnya sudah tervaksinasi," tutur Khofifah menambahkan.

Oleh karena itu, ke depan Pemprov Jatim dan 38 pemkab/pemkot ditambah dengan berbagai elemen maupun kelompok sosial terus berupaya memasifkan program vaksinasi, seiring kedatangan dosis vaksin ke Indonesia.

Secara global, menurut data Kementerian Kesehatan RI, sampai dengan Sabtu (19/6), total 12,2 juta orang telah menerima dosis vaksin secara lengkap, dengan penerima dosis pertama telah mencapai 22,8 juta orang.

Sementara jumlah dosis vaksin yang telah masuk ke Tanah Air hingga 20 Juni 2021 total mencapai 104.728.400 dosis vaksin.

Rinciannya adalah 94.500.000 dosis Sinovac, 8.228.000 dosis AstraZeneca dan 2.000.000 dosis Sinopharm. (Ant/OL-12)

Baca Juga

Dok. Hutama Karya

Kolaborasi Hutama Karya-BWA Renovasi Surau di Salah Satu Desa Terpencil di Sumbar 

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 23:28 WIB
Surau ini menjadi satu-satunya tempat sarana ibadah masyarakat dan tempat anak-anak untuk belajar mengaji dan menghafal...
DOK MI

Pemkab Cirebon Gencarkan Percepatan Vaksinasi Covid-19

👤Nurul Hidayah 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 23:24 WIB
CAPAIAN vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat baru mencapai 34 persen. Untuk menurunkan level PPKM, percepatan vaksinasi...
MI/Djoko Sardjono

Kodim Klaten Salurkan Bantuan BTPKLW

👤Djoko Sardjono 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 23:16 WIB
KODIM 0723 Klaten, Jawa Tengah, menyalurkan bantuan tunai pedagang kaki lima dan warung (BTPKLW). Penyerahan bantuan berlangsung di Aula...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Rakyat Kalimantan Selatan Menggugat Gubernur

Sebanyak 53 warga terdampak bencana banjir dari sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan menggugat Gubernur Sahbirin Noor.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya