Jumat 04 Juni 2021, 22:36 WIB

Jawa Timur Kembangkan Wisata Halal

Faishol Taselan | Nusantara
Jawa Timur Kembangkan Wisata Halal

ANTARA
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa

 

PEMERINTAH Provinsi Jawa Timur (Jatim) berupaya untuk mengembangkan wisata hala. Salah satunya dengan membangun kawasan Halal Industrial Park di Sidoarjo.

"Halal sudah menjadi gaya hidup masyarakat global, maka masing-masing negara mendorong tumbuhnya ekonomi syariah, saat ini kita bisa melihat Islamic Finance Tower adanya di London, sehingga banyak hal kita harus bergerak lebih dinamis progresif perkembangan industri halal ini" kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Surabaya, Jumat (4/6).

Khofifah mengatakan Indonesia saat ini masuk dalam kekuatan ekonomi Islam nomor empat dunia setelah Malaysia, Uni Emirat Arab, dan Turki. Posisi ini menempatkan Indonesia untuk mengembangkan destinasi wisata halal karena negara lain yang penduduknya bukan muslim sebagai penduduk mayoritas telah menyediakan destinasi wisata halal.

Ia, berharap dari kue omzet wisata halal dunia, 10% atau US$30 miliar masuk Indonesia. Karena itu Jawa Timur harus bisa mengambil porsi destinasi wisata halal ini dengan menyiapkan kawasan Halal Industrial Park di Sidoarjo. 

Dicontohkan, Korea Selatan sekarang ini menempatkan industri dan wisata halal menjadi visi besar untuk meraup dollar dari wisata halal yang dikembangkan di negeri ginseng tersebut juga negara-negara lain berlomba untuk menarik wisatawan mengunjungi negaranya menikmati surga wisata halal.

Dikatakan jaminan halal ini telah diakui oleh World Trade Organitation (WTO) dan menjadi kebutuhan bagi wisatawan dunia. "Ini yang mungkin bagi pelaku UKM IKM saya mohon dikomunikasikan para rektor perguruan tinggi dan stakeholder supaya semangat bisa menyiapkan produk halal termasuk didalamnya wisata halal menjadi pendorong semangat kekuatan kita  bersama" ujarnya. (OL-15)

Baca Juga

MI/Yusuf Riaman

MXGP Beri Dampak Positif Bagi UMKM Sumbawa

👤Yusuf Riaman 🕔Minggu 26 Juni 2022, 22:54 WIB
AJANG MXGP di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) memberikan angin segar bagi...
 ANTARA/Indrianto Eko Suwarso

Kemenkes Perkuat Layanan Kesehatan Primer di Lombok Barat

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 26 Juni 2022, 21:45 WIB
Semuanya harus bergerak bersama-sama tanpa arahan, melainkan harus aktif dan proaktif melakukan berbagai program kesehatan yang bermanfaat...
DOK/IBIS BANDUNG TRANS STUDIO

Ibis Music, Cara Hotel Ibis Mendukung Kebangkitan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

👤Media Indonesia 🕔Minggu 26 Juni 2022, 21:15 WIB
Pertunjukan diselenggarakan Sabtu (25/6) di Ibis Bandung Trans...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya