Selasa 22 Juni 2021, 14:46 WIB

Pemkab Banyumas Segera Jadikan Hotel sebagai RS Covid-19

Lilik Darmawan | Nusantara
Pemkab Banyumas Segera Jadikan Hotel sebagai RS Covid-19

Antara.
Ilustrasi.

 

PEMERINTAH Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, bakal menyulap Hotel Rosenda di Baturraden sebagai RS darurat covid-19. Nanti, tenaga kesehatan (nakes) bakal didukung dari tiga RS negeri yakni RSUD Margono Soekarjo, RSUD Banyumas, dan RSUD Ajibarang.

Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan penyiapkan Hotel Rosenda sebagai RS darurat dilakukan karena sekarang tingkat keterpakaian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) telah mencapai 70%. "Jadi harus disiapkan tempat untuk antisipasi melonjaknya kasus covid-19 di Banyumas. Salah satunya dengan mempersiapkan Hotel Rosenda sebagai RS darurat covid-19," kata Bupati pada Selasa (22/6).

Menurut Bupati, sekarang kapasitas tempat tidur yang dimiliki oleh seluruh RS yang ada di Banyumas kisaran 700 unit. Karenanya, perlu penambahan kamar perawatan, setidaknya total kapasitas sampai 1.000 tempat tidur.

"Jika Hotel Rosenda jadi RS darurat, jumlahnya akan mencapai 1.031 tempat tidur. Sebab, Hotel Rosenda memiliki kapasitas 331 tempat tidur," jelas dia.

Mengenai nakes, nanti akan didukung oleh tiga RSUD yakni RSUD Margono Soekarjo yang merupakan milik Pemprov Jateng dan dua RSUD milik kabupaten yakni RSUD Banyumas dan RSUD Ajibarang. "Nakes akan diperbantukan di RS darurat di Hotel Rosenda. Akan dijadwalkan penugasannya. Selain itu, Pemkab Banyumas juga akan meminta bantuan kepada Fakultas Kedokteran Unsoed dan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)," kata Bupati.

Bupati mencurigai bahwa penularan yang terjadi di Banyumas merupakan varian baru yakni varian Delta. Namun, ternyata secara laboratorium belum terbukti.

"Kalau dari sisi sifat, yang cepat sekali penularannya, saya curiga varian baru. Namun, secara laboratorium belum terbukti. Yang pasti, kami akan terus melakukan antisipasi," tandasnya. (OL-14)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Peringati Hari Santri, Sahabat Ganjar Bantu Pesantren 

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 23:17 WIB
"Kami mulai dari Tegal, sebagai pembuka rangkaian kegiatan grebek ponpes dengan tema santri kreatif santri muda inspiratif," kata...
Dok. Pribadi

Siswa SMA ini Ikut Bantu Buka Akses Air Bersih di NTT 

👤ediaindonesia.com 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 23:08 WIB
Carolene pun berkolaborasi mengusung program Water For...
MI/DJOKO SARDJONO

Tangani Covid-19, Klaten Gandeng Ulama, Umara, dan FKUB

👤Djoko Sardjono 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 22:10 WIB
Silaturahmi dengan sejumlah elemen digelar karena masih ada warga di Klaten yang menolak...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Sukses PON Papua 2021 Pemerataan Pembinaan di Seluruh Pelosok Negeri

Sukses prestasi ditandai dengan tercipta banyak rekor meski penyelenggaraan multiajang olahraga terakbar Tanah Air itu digelar di masa pandemi covid-19.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya