Selasa 22 Juni 2021, 14:46 WIB

Pemkab Banyumas Segera Jadikan Hotel sebagai RS Covid-19

Lilik Darmawan | Nusantara
Pemkab Banyumas Segera Jadikan Hotel sebagai RS Covid-19

Antara.
Ilustrasi.

 

PEMERINTAH Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, bakal menyulap Hotel Rosenda di Baturraden sebagai RS darurat covid-19. Nanti, tenaga kesehatan (nakes) bakal didukung dari tiga RS negeri yakni RSUD Margono Soekarjo, RSUD Banyumas, dan RSUD Ajibarang.

Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan penyiapkan Hotel Rosenda sebagai RS darurat dilakukan karena sekarang tingkat keterpakaian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) telah mencapai 70%. "Jadi harus disiapkan tempat untuk antisipasi melonjaknya kasus covid-19 di Banyumas. Salah satunya dengan mempersiapkan Hotel Rosenda sebagai RS darurat covid-19," kata Bupati pada Selasa (22/6).

Menurut Bupati, sekarang kapasitas tempat tidur yang dimiliki oleh seluruh RS yang ada di Banyumas kisaran 700 unit. Karenanya, perlu penambahan kamar perawatan, setidaknya total kapasitas sampai 1.000 tempat tidur.

"Jika Hotel Rosenda jadi RS darurat, jumlahnya akan mencapai 1.031 tempat tidur. Sebab, Hotel Rosenda memiliki kapasitas 331 tempat tidur," jelas dia.

Mengenai nakes, nanti akan didukung oleh tiga RSUD yakni RSUD Margono Soekarjo yang merupakan milik Pemprov Jateng dan dua RSUD milik kabupaten yakni RSUD Banyumas dan RSUD Ajibarang. "Nakes akan diperbantukan di RS darurat di Hotel Rosenda. Akan dijadwalkan penugasannya. Selain itu, Pemkab Banyumas juga akan meminta bantuan kepada Fakultas Kedokteran Unsoed dan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)," kata Bupati.

Bupati mencurigai bahwa penularan yang terjadi di Banyumas merupakan varian baru yakni varian Delta. Namun, ternyata secara laboratorium belum terbukti.

"Kalau dari sisi sifat, yang cepat sekali penularannya, saya curiga varian baru. Namun, secara laboratorium belum terbukti. Yang pasti, kami akan terus melakukan antisipasi," tandasnya. (OL-14)

Baca Juga

dok.KKP

Bupati Tamba Pamerkan Potensi Kelautan dan Tibu Kleneng ke Menteri KKP

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 31 Juli 2021, 06:55 WIB
KABUPATEN Jembrana, memiliki luas wilayah Laut kurang lebih 604,24 Km2 merupakan penghasil ikan laut terbesar di Provinsi...
ANTARA/HO-Humas Polres Bintan

Polres Bintan Amankan Pemilik 2 Kilogram Sabu dan Pil Ekstasi di NTB

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 31 Juli 2021, 03:50 WIB
Kapolres Bintan AKBP Sugihartono mengatakan pelaku diamankan setelah pihaknya berkoordinasi dan bekerja sama dengan Ditpolair Polda NTB...
ANTARA FOTO/Didik Suhartono/

Pelaku Usaha Tidak Setuju Syarat Sertifikat Vaksin untuk Masuk Mal

👤Mediaindonesia 🕔Jumat 30 Juli 2021, 23:35 WIB
Di pusat perbelanjaan itu sangat ketat penerapan protokol kesehatan dibandingkan dengan pasar tradisional dan pusat kerumunan yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencari Abdi Negara di Tengah Pandemi

Jumlah pelamar di bawah perkiraan 5 juta orang dan menurun ketimbang perekrutan sebelumnya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya