Rabu 02 Juni 2021, 16:50 WIB

PSU Pilgub Kalsel Wajib Terapkan Prokes Ketat

Denny Susanto | Nusantara
PSU Pilgub Kalsel Wajib Terapkan Prokes Ketat

DOK MI
Ilustrasi Pilkada

 

PELAKSANAAN Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Kalimantan Selatan pada 9 Juni mendatang akan menerapkan protokol kesehatan ketat. Hingga kini jumlah kasus covid 19 (virus korona) di Kalsel sudah mendekati angka 35 ribu kasus dengan jumlah penderita meninggal dunia 1.017 orang.

Rapat koordinasi Forkopimda Kalsel, tentang persiapan pelaksanaan PSU di tiga wilayah Kalsel, Rabu (2/5), memutuskan PSU diselenggarakan dengan protokol kesehatan ketat. "PSU akan dilaksanakan dengan mengacu pada prokes ketat guna menghindari resiko penyebaran covid-19," tutur Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA.

Prokes ketat berupa penerapan 12 hal baru di tempat pemungutan suara (TPS) yaitu pembatasan jumlah pemilih maksimal 500 pemilih dalam satu TPS, undangan yang mengatur jadwal kedatangan, memakai sarung tangan, cuci tangan/hand sanitizer, cek suhu/thermo gun, face shield. Kemudian dilarang berdekatan, tidak bersalaman, penggunaan pelindung wajah untuk petugas, petugas KPPS dalam kondisi sehat dan penggunaan tinta tetes. Setiap pemilih harus memakai masker sejak dari rumah dan cadangan disediakan masker di tiap TPS.

Saat ini tercatat jumlah kasus positif covid 19 di Kalsel mencapai 34.802 kasus dengan jumlah penderita meninggal dunia sebanyak 1.017 orang.

Rakor kesiapan pelaksanaan PSU ini juga memutuskan masyarakat yang berada di wilayah penyelenggaraan PSU diliburkan. Dimana usulan libur ini sudah diajukan ke Mendagri. Forkopimda juga meminta masyarakat menjunjung tinggi persaudaraan dan komitmen bahwa PSU berlangsung lancar dan aman serta menghasilkan gubernur yang definitif.

baca juga: Pemungutan Suara Ulang

PSU Pilgub Kalsel akan dilaksanakan di tiga wilayah yaitu Kota Banjarmasin, Kabupaten Tapin dan Banjar. Untuk Kota Banjarmasin PSU digelar di Kecamatan Banjarmasin Selatan yaitu sebanyak 301 TPS. Kabupaten Banjar di Kecamatan Sambung Makmur 27 TPS, Kecamatan Aluh-Aluh 63 TPS, Kecamatan Martapura 265 TPS, Kecamatan Mataraman 62 TPS, dan Kecamatan Astambul 85 TPS.

Sedangkan di Kabupaten Tapin, PSU akan dilaksanakqn pada 24 TPS di Kecamatan Binuang. Sebelumnya KPU Kalsel telah melaksanakan Deklarasi Damai PSU di Banjarmasin yang dihadiri para calon wakil gubernur dari masing-masing pasangan calon. (N-1)

 

Baca Juga

Tangkapan Layar/Palce Amalo

PTUN Kuatkan Keputusan Bupati Sorong Cabut Izin Perusahaan Sawit

👤Palce Amalo 🕔Selasa 07 Desember 2021, 16:45 WIB
PTUN Jayapura, Papua mengesahkan keputusan Bupati Sorong untuk mencabut Izin Usaha Perkebunan (IUP) PT. Papua Lestari Abadi dan PT. Sorong...
MI/Vicky Gustiawan

Vaksinasi Pelajar capai 70% PTM di Mukomuko Awal 2022

👤Marliansyah 🕔Selasa 07 Desember 2021, 16:07 WIB
PENCAPAIAN vaksinasi khusus bagi pelajar SMP sederajat di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, mencapai 70...
MI/Palce Amalo.

PTUN Sahkan Keputusan Bupati Sorong Cabut Izin Perusahaan Sawit

👤Palce Amalo 🕔Selasa 07 Desember 2021, 15:31 WIB
Apabila ditelusuri lebih jauh, kedua perusahaan bahkan telah memperoleh izin lingkungan sejak 2009. Lebih dari satu dekade berlalu dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya