Minggu 30 Mei 2021, 18:16 WIB

Kota Cirebon Gelar PPDB Digelar Online Akhir Juni

Nurul Hidayah | Nusantara
Kota Cirebon Gelar PPDB Digelar Online Akhir Juni

ANTARA/IRFAN ANSHOR
Unjuk rasa menuntut pengusutan kasus dugaan pungli dalam PPDB 2020 di depan Mapolres Blitar, Jawa Timur, Rabu (19/8/2020)

 

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021 di Kota Cirebon gunakan sistem online. Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cirebon, Irawan Wahyono, menjelaskan pihaknya sudah menggelar sosialisasi PPDB 2021 ke sejumlah sekolah di Kota Cirebon. "Mereka juga telah siap untuk menggelar PPBD 2021 secara online," ungkap Irawan, Minggu (30/5). Ada pun pelaksanaan PPBD 2021 digelar mulai 28 Juni 2021 mendatang.

Dijelaskan Irawan, pelaksanaan PPDB secara online dilakukan untuk tingkat SMP. Sedangkan untuk tingkat SD dan TK tetap mengikuti protokol kesehatan (prokes). "Pelaksanaan PPDB online sudah sesuai dengan aturan pemerintah. Apalagi saat ini masih pandemi Covid-19," ungkap Irawan.

Baca juga: Sejumlah Daerah Masih Hujan, BMKG Imbau Warga Sumsel Waspada

Sesuai Peraturan Wali Kota (Perwali) No 43 tahun 2021 PPDB tetap digelar melalui pembagian jalur zonasi sebanyak 50 persen, jalur prestasi 30 persen, jalur afirmasi 10 persen, jalur anak guru 5 persen dan siswa yang ikut perpindahan orangtua ke Kota Cirebon sebanyak 5 persen.  

Pembagian ini menurut Irawan merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Cirebon. "Kami juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), KONI, Pramuka dan organisasi lainnya," ungkap Irawan. Sehingga bisa mendukung pelaksanaan  PPDB sesuai dengan pembagian yang ditetapkan.

Sementara itu Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Pendidikan Dasar, Disdik Kota Cirebon, Asep Komara, menjelaskan dengan adanya zonasi tidak lagi dikenal istilah sekolah favorit di Kota Cirebon. "Kami senantiasa mendorong agar siswa bersekolah yang dekat dengan tempat tinggalnya," ungkap Asep.

Selain itu, lanjut Asep, kualitas guru di Kota Cirebon juga sudah bagus dan merata di setiap sekolah. Sehingga setiap siswa dapat belajar di 
sekolah yang dekat dengan tempat tinggal mereka termasuk di sekolah swasta. (H-3)
 

Baca Juga

dok:cilegon.go.id

Warga Cilegon yang Isoman dan Nakes Dapat Produk Herbal

👤Wibowo Sangkala 🕔Rabu 28 Juli 2021, 03:35 WIB
MASYARAKAT di Kota Cilegon, Banten yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) akan mendapatkan paket produk herbal dari Pemerintah Kota...
MI/Supardji Rasban

Pekerja Seni di Brebes Terdampak PPKM Dapat Bantuan Sembako

👤Supardji Rasban 🕔Rabu 28 Juli 2021, 03:30 WIB
POLRES Brebes, Jawa Tengah, memberikan bantuan sembako kepada para pekerja seni yang terdampak PPKM...
dok: Pos Pengamatan Gunung Api

Erupsi Ile Lewotolok Disertai Lontaran Lava Pijar Bakar Hutan Sekitarnya

👤Alexander P. Taum 🕔Rabu 28 Juli 2021, 01:15 WIB
ERUPSI Gunung Ile Lewotolok yang disertai lontaran material pijar yang terjadi, Rabu (28/7), pukul 00.24 WITA, membakar vegetasi hutan di...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Membangun Konektivitas Segitiga Emas Jawa Bagian Tengah

 Untuk membangkitkan pertumbuhan perekonomian di Jawa bagian tengah, Tol Joglosemar menjadi salah satu solusi

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya