Rabu 26 Mei 2021, 13:10 WIB

Tinta Habis Ribuan KTP-e di Tasikmalaya Belum Dicetak

Adi Kristiadi | Nusantara
Tinta Habis Ribuan KTP-e di Tasikmalaya Belum Dicetak

MI/Adi Kristiadi
Kepala Disdukcapil Kota Tasikmalaya Imih Misbahul Munir

 

SEBANYAK 1.300 keping kartu tanda penduduk elektronik (KTP-e) warga Kota Tasikmalaya, Jawa Barat belum bisa dicetak sejak dua bulan lebih. Keterlambatan tersebut, dialami juga oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kabupaten Tasikmalaya karena tidak adanya tinta.

Di Kabupaten Kabupaten Tasikmalaya terdapat 2.600 KTP-e belum dicetak oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dukcapil Kemendagri) Zudan Arif Fakrulloh.

Kepala Disdukcapil Kota Tasikmalaya Imih Misbahul Munir mengatakan, penyebab belum dicetaknya KPT-e karena tidak tersedianya tinta. Keterlambatan pengadaan tinta ini karena belum adanya proses lelang.

"Seluruh kabupaten dan kota di Jabar semua sudah menyampaikan keluhan itu ke Kepala Dinas Dukcapil Provinsi Jawa Barat, supaya bisa disampaikan kepada pemerintah pusat terkait ketersediaan tinta yang habis. Kami masih melakukan pencetakan KTP-e secara bertahap dengan sisa tinta yang ada," kata Misbahul Munir, Rabu (26/5/2021).

Misbahul mengatakan, permasalahan tinta selama ini dirasakan oleh daerah lainnya di Ciamis, Garut, Banjar, Pangandaran dan wilayah di Jabar dan kemungkinan secara nasional. Pihaknnya tetap berupaya melakukan cetak dengan memanfaatkan sisa tinta yang ada.

"Masalah ini muncul karena Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintahan (LKPP) sekarang belum membuka pengumuman lelang secara e-katalog. Kami belum bisa memastikan ketersediaan tinta karena masih menunggu kabar dari LKPP," ujarnya. (OL-13)

Baca Juga: Pasien di Wisma Atlet Terus Meningkat, Okupansi Naik Jadi 25,2%

Baca Juga

DOK MI

Capaian Vaksinasi Di Medan Capai 65,25 Persen

👤Widhoroso 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 22:17 WIB
WALI Kota Medan, Bobby Nasution mengungkapkan percepatan vaksinasi Covid-19 di kota yang dipimpinnya telah mencapai 62,25 persen dari...
DOK MI

Diduga Depresi, Seorang Wanita Di Deli Serdang Bantai Keponakan Dan Gantung Diri

👤Yoseph Pencawan 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 21:40 WIB
WARGA di Jalan Rajawali, Gg Gereja, Desa Muliorejo, Kecamatan Sunggal, Deliserdang, Sumatera Utara digemparkan dengan penemuan dua mayat di...
AFP

BMKG Bantah Gelombang Panas Landa Sulut

👤Widhoroso 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 19:56 WIB
KOORDINATOR Bidang Observasi dan Informasi Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben Molle...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Amendemen Konstitusi antara Ambisi Elite dan Aspirasi Rakyat

Persepsi publik mengenai cara kerja presiden lebih mengharapkan pemenuhan janji-janji politik saat kampanye ketimbang bekerja berdasarkan Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN).

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya