Minggu 16 Mei 2021, 13:01 WIB

Pemudik Kembali ke Padang Wajib Swab Antigen

Yose Hendra | Nusantara
Pemudik Kembali ke Padang Wajib Swab Antigen

ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra
Sejumlah personel kepolisian berjaga di pintu masuk objek wisata Gunung Padang, di Padang, Sumatra Barat, Jumat (14/5/2021).

 

PEMUDIK yang berlebaran di kampung halaman diimbau untuk melakukan tes swab saat kembali ke tempat asalnya, untuk mencegah penyebaran covid-19 dan menyelamatkan keluarga serta orang sekitar.

"Kita mengimbau kepada para pemudik untuk melakukan tes swab dulu setelah melakukan perjalanan," imbau Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Sumatra Barat, Feri Mulyani Hamid, Sabtu (15/5).

Meski terjadi penyekatan di perbatasan, para pemudik tetap dapat melewati posko di perbatasan dengan berbekal surat keterangan tes antigen.

"Mobilisasi masyarakat tidak dapat kita batasi, bahkan jauh hari sebelum penyekatan di perbatasan, warga sudah duluan mudik. Karena itu kita imbau warga untuk melakukan tes swab terlebih dahulu dan melakukan isolasi mandiri hingga hasil tes swab keluar," ujar Feri.

Feri Mulyani menyebut, seluruh Puskesmas di Padang sudah membuka pelayanan tes swab sejak Sabtu (15/5). Pelayanan untuk tes swab dibuka dari pukul 09.00 hingga 11.00 WIB.

"Dua hari lebaran kemarin Labor tutup, pelayanan tes swab juga tutup. Sabtu ini kita buka kembali," ungkapnya.

baca juga: Arus Balik

Kadiskes memprediksi akan terjadi lonjakan kasus Covid-19 usai lebaran ini. Mobilitas warga yang cukup tinggi dan masih adanya warga yang abai dengan protokol kesehatan menjadi kekhawatiran tersendiri.

"Kita siapkan tenaga kesehatan mulai Senin (17/5) besok," katanya.

Selain menyiapkan tenaga kesehatan, Dinkes Padang juga menyiapkan tempat isolasi mandiri. Rumah Neayan di Koto Tangah dipersiapkan kembali untuk mengatasi lonjakan kasus Covid-19. Tempat isolasi mandiri di Rumah Nelayan ini mampu menampung sekitar 300 pasien terpapar Covid-19. (N-2)

 

Baca Juga

DOK PEMPROV KALSEL

Kalsel Targetkan Ekonomi Tumbuh Positif

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 16 Juni 2021, 18:19 WIB
Safrizal menargetkan pada  kwartal kedua tahun 2021 harus sudah bisa...
DOK MI

Kasus Covid-19 Melonjak, Pemkot Cirebon Geser Anggaran

👤Nurul Hidayah 🕔Rabu 16 Juni 2021, 17:49 WIB
DI tengah melonjaknya kasus positif Covid-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon, Jawa Barat memetakan kembali kebutuhan anggaran yang...
ANTARA

BOR Pasien Covid-19 Di Cianjur Sudah 52 Persen

👤Benny Bastiandy 🕔Rabu 16 Juni 2021, 17:46 WIB
SAAT ini tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) bagi pasien covid-19 di Kabupaten Cianjur rata-rata di kisaran 52%....

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Orang Rimba masih Berjuang untuk Diakui

MATA Mariau tampak berkaca-kaca kala menceritakan perihnya derita kehidupan anggota kelompoknya yang biasa disebut orang rimba.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya