Rabu 12 Mei 2021, 10:43 WIB

Bawaslu Kalsel Tindaklanjuti Kasus Survei SMRC

Denny Susanto | Nusantara
Bawaslu Kalsel Tindaklanjuti Kasus Survei SMRC

Dok Din Jaya
Din Jaya dan dua rekannya melaporkan cagub Kalsel Denny Indrayana ke Bawaslu Kalsel terkait survey SMRC

 

BAWASLU Provinsi Kalimantan Selatan menindaklanjuti laporan kasus dugaan pelanggaran pemilu yang dilakukan Calon Gubernur Denny Indrayana terkait pernyataan hasil survei SMRC tentang 74% pemilih Banjarmasin memilih karena uang.

Bawaslu Kalsel melalui Muhammad Nur Rahman Yasin, Analis Hukum Bawaslu Kalsel melakukan klarifikasi terhadap laporan Bahruddin Din Jaya dan dua saksi yakni Rolly Irawan dan Basit, di Bawaslu Kalsel, Selasa (11/5).

"Kepada Bawaslu saya menuntut agar Denny Indrayana jika terbukti mencatut survei SMRC supaya dihukum seberat-beratnya. Sebab pernyataan dia bahwa 74% masyarakat Banjarmasin memilih karena uang sangat menyakitkan bagi masyarakat Banjar," kata Din Jaya sebagai pelapor .

Menurut Din Jaya, setelah mengetahui pernyataan Direktur Eksekutif SMRC Sirjuddin Abbas yang membantah pernyataan Denny soal 74% pemilih Banjarmasin memilih karena disogok, dirinya berinisiatif melaporkan kasus tersebut.

"Saya menilai pernyataan Denny nadanya memfitnah dan merendahkan masyarakat Banjar. Oleh sebab itu saya melaporkan Denny kepada pihak berwajib dan berwenang," katanya.

baca juga: Pemungutan Suara Ulang

Sedianya Din Jaya, melaporkan kasus ini ke Polda Kalsel, namun karena terkait Pilkada, disarankan melapor ke Bawaslu Kalsel. Di Bawaslu Din Jaya diminta melengkapi berbagai dokumen seperti video pernyataan Denny saat menyatakan 74% pemilih Banjarmasin memilih karena uang yang dilontarkan saat menjadi pembicara diskusi publik daring bertema Demokrasi dalam cengkeraman Oligarki, Minggu (2/5).

Termasuk klarifikasi Denny di medsos terkait tudingannya saat diskusi tersebut. "Semua video dan berkas kami penuhi. Saya meminta Bawaslu segera panggil Denny untuk diklarifikasi. Jika perlu Bawaslu Kalsel mengklarifikasi pihak SMRC agar semuanya menjadi terang-benderang," pungkasnya. (OL-3)

 

Baca Juga

MI/Dwi Apriani

Stok Pupuk Bersubsidi Di Sumsel Mencapai 18.482 Ton

👤Dwi Apriani 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 18:16 WIB
PT Pupuk Indonesia (Persero) mencatat stok pupuk subsidi di wilayah Sumatera Selatan sebanyak 18.482 ton per 18 Oktober...
ANTARA

Jalur Puncak-Cianjur Terpantau Ramai Lancar

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 18:11 WIB
hingga sore menjelang dan tidak ada antrean kendaraan yang terlihat...
ANTARA

BMKG Peringatkan Potensi Angin Kencang Dan Gelombang Tinggi Di NTT

👤Palce Amalo 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 18:09 WIB
(BMKG Stasiun El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) minta masyarakat waspada potensi angin kencang dan gelombang tinggi di perairan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Rakyat Kalimantan Selatan Menggugat Gubernur

Sebanyak 53 warga terdampak bencana banjir dari sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan menggugat Gubernur Sahbirin Noor.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya