Rabu 05 Mei 2021, 11:24 WIB

Tempat Wisata di Temanggung Batasi Jumlah Kunjungan

Tosiani | Nusantara
Tempat Wisata di Temanggung Batasi Jumlah Kunjungan

ANTARA FOTO/Anis Efizudin
Sejumlah wisatawan berkemah di kawasan wisata Embung Bansari, Temanggung, Jawa Tengah, Minggu (31/1/2021).

 

TEMPAT wisata di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah hanya menerima kunjungan wisatawan maksimal 30 persen dari kapasitas tempat wisata. Kebijakan tersebut dikeluarkan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat untuk menghindari potensi kerumunan orang yang bisa mempercepat penularan covid-19.

Kasi Pengembangan Destinasi Wisata, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Kabupaten Temanggung, Arbai Muchamad mengatakan semua tempat wisata di daerahnya memang dibuka saat libur lebaran. Akan tetapi jumlah pengunjungnya dibatasi. Demikian juga dengan jam operasional tempat wisata tersebut hanya boleh sampai pukul 15.00 wib.

"Jumlah pengunjung dibatasi hanya 30% dari kapasitas dan buka sampai pukul 15.00 WIB. Semua tempat wisata buka," kata Arbai.

Menurut Arbai, pihak Dinparbud Kabupaten Temanggung telah meminta pengelola tempat wisata di daerah itu agar menyiapkan sarana dan prasarana penerapan protokol kesehatan (prokes) pencegahan covid-19. Di antaranya tempat cuci tangan, hand sanitizer di sejumlah titik. Serta diwajibkan memasang papan pengumuman prokes.

baca juga: Pariwisata

Terkait pengawasan prokea ini, lanjut Arbai, nantinya akan dilakukan oleh Tim dari Satgas Percepatan Penanganan Covid-19. Beberapa anggota polisi juga sudah disiapkan untuk mengawasi penerapan prokes.

"Pengelola wisata sudah kita siapkan untuk melakukan protokol kesehatan seperti tempat cuci, hand sanitizer, papan pengumuman protokol kesehatan. Pengawasan dari gugus covid dan Polres Temanggung," pungkas Arbai. (OL-3)

 

 

 

Baca Juga

MI/Kristiadi

Polda Lampung Gerak Cepat Antisipasi Arus Balik Lebaran ke Jawa

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 15 Mei 2021, 00:41 WIB
Polda Lampung menambah tiga posko pemeriksaan dokumen perjalanan di Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) dan satu di Jalan Arteri Simpang Hatta,...
Dok. Pribadi

Menkominfo Pastikan Layanan Telekomunikasi di Papua Pulih Bertahap

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Sabtu 15 Mei 2021, 00:39 WIB
Gangguan layanan telekomunikasi terjadi karena kabel serat optik bawah laut yang menghubungkan Indonesia Barat dan Indonesia Timur di Utara...
 ANTARA/Fikri Yusuf

PYP Bali Terus Berbagi Sembako

👤Arnoldus Dhae 🕔Jumat 14 Mei 2021, 22:50 WIB
Misi PYP adalah bergerak di bidang sosial untuk membantu sesama. Tidak memandang suku dan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Toleransi tak Pernah Putus di Adonara

Bencana membuat masyarakat Adonara semakin rukun. Ramadan lebih mempersatukan mereka.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya