Selasa 27 April 2021, 22:23 WIB

Safari Ramadan Ajang Curhat Warga Pesisir Selatan

Yose Hendra | Nusantara
Safari Ramadan Ajang Curhat Warga Pesisir Selatan

MI/Heri Susetyo
Ilustrasi

 

WARGA Pesisir Selatan, Sumatera Barat menjadikan ajang Safari Ramadan sebagai ruang mencurahkan isi hati (Curhat) kepada pimpinan daerahnya. Khususnya masalah nagari (desa), terkait infrastruktur jalan.

"Mewakili masyarakat saya berharap ruas jalan untuk menuju kampung ini bisa ditingkatkan pembangunannya secara layak," ungkap Ketua Masjid Jami Al Barokah, Mahmudi, kepada Wakil Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Rudi Hariyansyah dan rombongan, saat melakukan silaturahmi safari ramadhan
dengan jamaah Masjid Jami Al Barokah Kampung Marga Mulya, Nagari Lunang Tiga, Kecamatan Lunang, kemarin.

Dalam Kunjungan tersebut Wabub didampingi Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (Distanhortbun) Pessel, Nusirwan, Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan, Azral, dengan diwakili Kabid Industri, Asrul Sani, Kabag Humas dan Protokoler, Rinaldi, Camat Lunang, Lyonica Ventira, Wali Nagari Lunang Tiga, Sobirin, serta para alim ulama dan tokoh masyarakat setempat.

"Kami mengucapkan terima kasih atas kedatangan pemimpin kami ke daerah ini. Semoga kedatangan rombongan bapak wakil bupati akan memberikan kemajuan terhadap nagari kami. Sebab banyak hal yang dapat kami sampaikan melalui kunjungan ini," kata Mahmudi.

Ia menjelaskan, kondisi jalan yang sangat jelek untuk menuju kampung ini ada sepanjang 7 kilometer sudah sangat jelek. Kondisinya bisa dikatakan sudah sangat mendesak untuk diperbaiki.

"Selain jalan, kami juga berharap dibangun lampu penerangan jalan pada titik-titik tertentu, agar suasana malam tidak menakutkan bagi masyarakat," ucapnya.

Harapan itu disampaikan karena Nagari Lunang Tiga merupakan salah satu nagari penghasil kelapa sawit terbesar di kecamatan Lunang. "Makanya kami berharap keluhan ini bisa terjawab dalam waktu dekat, karena memang mendesak. Sebab akibat jeleknya jalan kami terpaksa mengeluarkan biaya produksi yang tinggi. Bahkan kondisi itu oleh oknum masyarakat, sudah pernah ditanami pisang di tengah jalan. Tentu kita tidak ingin ini terus berlanjut," paparnya.

Wakil Bupati Pessel, Rudi Hariyansyah, mengatakan bahwa apa yang menjadi keluhan oleh masyarakat Nagari Lunang Tiga tersebut akan diupayakan penyelesainnya secara bertahap.

"Kita sekarang juga tengah menghitung berapa panjang jalan yang membutuhkan perbaikan, termasuk juga jalan menuju kampung ini. Sebab jalan memang menjadi prioritas utama yang akan diselesaikan pada periode pemerintahan kami," katanya.

Dikatakannya bahwa ke depan pihaknya juga akan berkolaborasi dengan beberapa anggota dewan yang berasal dari Dapil 5, dalam menjawab keluhan masyarakat tersebut. "Termasuk juga keluhan kebutuhan penerangan jalan sesuai dengan titik-titik yang prioritas," ucapnya.

Disampaikan juga bahwa kunjungan safari ramadhan tersebut memang bertujuan untuk menjalin silaturahmi, serta juga menampung berbagai masukan dan  informasi dari masyarakat.

"Makanya melalui kunjungan ini kita juga membawa beberapa kepala perangkat daerah agar aspirasi yang disampaikan bisa dibahas hingga ke tingkat kabupaten nantinya," jelas Rudi.

Melalui kunjungan itu, Rudi Hariansyah,  juga menyerahkan bantuan sebesar Rp 7, 5 juta untuk pembangunan masjid, yang diterima langsung oleh ketua Masjid Jami Al Barokah, Mahmudi. (OL-13)

Baca Juga: Mutasi Covid-19 Belum Berhenti, Masyarakat Wajib Patuhi Prokes

Baca Juga

MI/Arnoldus Dhae

Banyak Event Dunia di Bali, Jokowi Ingatkan Ancaman Covid-19 Masih Ada

👤Arnoldus Dhae 🕔Rabu 27 Oktober 2021, 07:40 WIB
BERAGAM event dunia akan didelar di Bali di tengah pandemi Covid-19, Presiden ingatkan ancaman Covid-19 masih ada dan semua pihak harus...
MI/Haryanto

Buka Musda I Papdesi Jateng, Ganjar Ingatkan Jaga Integritas dan Kejujuran

👤Haryanto 🕔Rabu 27 Oktober 2021, 07:15 WIB
KETUA Dewan Pembina Papdesi, Ganjar Pranowo menyampaikan pesan ke para kepala desa (kades) se-Jawa Tengah agar menjaga integritas dan...
MI/WIDJAJADI

Diklatsar UNS Telan Korban, Kapolresta Surakarta Menduga Ada Tindak Kekerasan

👤Widjajadi 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 22:55 WIB
Polisi menduga ada tindak kekerasan terhdap para peserta saat diklatsar...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Era Penuh Harapan di Dusun Bondan

Energi terbarukan mengangkat Dusun Bondan di Cilacap dari keterpurukan. Kini, warga selangkah lagi menggapai kesejahteraan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya