Minggu 18 April 2021, 01:00 WIB

Polres Cianjur Intensifkan Rakor Larangan Mudik Lebaran

Benny Bastiandy | Nusantara
Polres Cianjur Intensifkan Rakor Larangan Mudik Lebaran

Antara/Yulius Satria Wijaya.
Petugas gabungan menghentikan pengendara sepeda motor yang diduga akan mudik di titik pemeriksaan perbatasan Cianjur-Bogor.

 

KEPOLISIAN Resor Cianjur, Jawa Barat, segera menggelar rapat koordinasi menyangkut kebijakan larangan mudik pada Idul Fitri 1442 Hijriyah. Rapat koordinasi akan melibatkan unsur forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) menyangkut teknis larangannya.

"Kami nanti akan berkoordinasi dengan Forkopimda. Rencananya rapat koordinasi akan dilaksanakan pada Senin. Nanti akan kami sampaikan tentang langkah-langkahnya," kata Kapolres Cianjur Ajun Komisaris Besar Mochammad Rifai dihubungi Media Indonesia melalui aplikasi perpesanan WhatsApp, Sabtu (17/4).

Sebelumnya, Plt Bupati Cianjur Herman Suherman, mengaku telah membahas intensif kebijakan mudik Lebaran dengan semua unsur Forkopimda. Hasilnya disepakati bahwa masyarakat dilarang mudik saat libur Lebaran nanti.

"Hasil rapat, Cianjur mendukung pemerintah pusat dan provinsi tentang pelarangan mudik. Kami khawatir di saat kondisi penyebaran covid-19 saat ini sudah mulai terkendali, tapi nanti setelah mereka mudik, jadi bermasalah lagi," tegas Herman kepada Media Indonesia, belum lama ini.

Agar informasi larangan mudik yang menjadi tradisi masyarakat setiap kali Lebaran bisa tersosialisasikan, kata Herman, Pemkab Cianjur dan unsur Forkopimda akan menyebar surat edaran hingga ke semua wilayah. Teknisnya, setiap kegiatan Jumat keliling (Jumling) surat edaran itu akan disampaikan ke masyarakat di setiap masjid melalui pihak kecamatan.

"Sementara ini bagi masyarakat yang hendak mudik, ada baiknya menahan dulu diri tidak bepergian. Ini untuk kebaikan kita semua sebagai upaya mencegah dan mengendalikan penyebaran covid-19," ucapnya.

Larangan mudik juga berlaku bagi kalangan aparatur sipil negara (ASN). Menurut Herman, bentuk sanksi yang akan diterapkan bagi ASN yang tidak disiplin akan disesuaikan dengan tingkat pelanggarannya. (OL-14)

Baca Juga

 ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo

Bali Percepat Vaksinasi Covid-19

👤Arnoldus Dhae 🕔Selasa 11 Mei 2021, 11:57 WIB
Pemerintah Provinsi Bali terus mempercepat vaksinasi covid-19 secara masif agar membantu pengendalian covid-19 di...
ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Ruang Isolasi RS di Jawa Tengah Kembali Dibuka

👤Akhmad Safuan 🕔Selasa 11 Mei 2021, 11:53 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta seluruh rumah sakit kembali membuka ruang isolasi dan perawatan yang pernah ditutup untuk...
MI/Djoko Sardjono

Tren Kasus Aktif Covid-19 di Klaten Meningkat

👤Djoko Sardjono 🕔Selasa 11 Mei 2021, 11:04 WIB
Kasus aktif covid-19 di Klaten, Jawa Tengah, hingga pekan ini masih menunjukkan tren peningkatan. Maka warga wajib disiplin protokol...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Transformasi Kota Tua

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta bergandengan tangan bersama Kementerian BUMN dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya