Selasa 13 April 2021, 17:15 WIB

Indramayu Mulai Masuk Kemarau Pola Tanam Disesuaikan

Nurul Hidayah | Nusantara
Indramayu Mulai Masuk Kemarau Pola Tanam Disesuaikan

dok.kementan
Petani sedang menanam padi di lahan persawahan.

 

PEKAN pertama April ini, sebagian besar wilayah di Kabupaten Indramayu sudah memasuki musim kemarau. Percepatan tanam dianjurkan untuk petani di daerah tersebut.

Berdasarkan prakiraan awal musim kemarau yang dirilis BMKG Stasiun Meteorologi Kertajati, Kabupaten Majalengka disebutkan ada 19 kecamatan di Kabupaten Indramayu yang mulai memasuki awal musim kemarau pada April dasarian I (1-10 April). Yaitu Kecamatan Patrol, Sukra, Anjatan, Kandanghaur, Bongas, Haurgeulis, Gabuswetan, Losarang, Cantigi, Pasekan, Sindang, Arahan, Lohbener, Balongan, Jatibarang, Sliyeg, Juntinyuat, Karangampel dan Kedokanbunder.

Selain itu ada 6 kecamatan yang diprakirakan baru akan memasuki awal musim kemarau pada April dasarian III (tanggal 21-30). Yaitu Kecamatan Lelea, Cikedung, Widasari, Tukdana, Bangodua, dan Kertasmaya. Sedangkan tiga kecamatan lainnya diprakirakan baru akan memasuki awal musim kemarau pada Mei dasarian I yaitu Kecamatan Gantar, Kroya dan Terisi.

Forecaster BMKG Stasiun Meteorologi Kertajati, Ahmad Faa Izyn, meminta kepada petani untuk menyesuaikan pola tanam dengan kondisi cuaca saat ini.

"Menghadapi musim kemarau ini, bagi petani yang ingin bercocok tanam diminta menyesuaikan dengan rencana pola tanam," ungkap Faiz, Selasa (13/4).

Sementara itu Wakil Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Indramayu, Sutatang, menjelaskan sudah meminta kepada petani yang selesai panen rendeng 2020/2021 untuk segera melakukan percepatan tanam gadu 2021.

"April semai, Mei mulai tanam," ungkap Sutatang. Sehingga saat musim kemarau tiba kondisi tanaman padi sudah lebih kuat dan mencegah terjadinya kekeringan.

Sejumlah kecamatan menurut Sutatang juga sudah mulai tanam gadu. Seperti Kecamatan Gantar, Sukra dan Terisi. Daerah-daerah tersebut sebelumnya sudah mulai tanam rendeng lebih awal sehingga tanam gadu juga bisa dilakukan lebih cepat dibandingkan daerah lainnya. (OL-13)

Baca Juga: Pemda Siapkan Takjil Tim SAR, Relawan dan Pengungsi di Lembata

Baca Juga

ANTARA

Vaksinasi PMK Di Sumsel Baru 80% Dari Target

👤Dwi Apriani 🕔Senin 04 Juli 2022, 19:15 WIB
PEMERINTAH Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) telah mendapatkan 12.200 vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dari pemerintah...
DOK MI

Pemkab Bandung Barat Data Jumlah Ternak Mati Akibat PMK

👤Depi Gunawan 🕔Senin 04 Juli 2022, 18:43 WIB
PEMKAB Bandung Barat, Jawa Barat masih melakukan pendataan jumlah hewan ternak yang mati karena terjangkit penyakit mulut dan kuku...
Antara

Hewan Kurban di Sulawesi Tengah Cukup dan Bebas PMK

👤M. Taufan SP Bustan 🕔Senin 04 Juli 2022, 18:28 WIB
Pemprov Sulawesi Tengah mencatat potensi ketersediaan hewan kurban pada tahun ini, yakni sapi 6.758 ekor, kambing 1.789 ekor dan domba 108...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya