Rabu 31 Maret 2021, 14:30 WIB

Cegah Covid, Gereja di Temanggung Batasi Jemaat Paskah

Tosiani | Nusantara
Cegah Covid, Gereja di Temanggung Batasi Jemaat Paskah

MI/Tosiani
Gereja di Temanggung membatasi jumlah jemaat yang menghadiri Paskah untuk mencegah penularan covid, Rabu (31/3/2021)

 

SEJUMLAH gereja di Temanggung, Jawa Tengah akan membatasi kunjungan jemaat yang akan mengikuti ibadah Paskah yang akan dilakukan secara offline pada pekan ini. Pembatasan tersebut dilakukan untuk mencegah penularan covid-19.

Gereja Santo Petrus dan Santo Paulus Temanggung telah membagi 3.200 umatnya dalam kelompok-kelompok berdasarkan wilayah tempat mereka tinggal. Nantinya 275 orang umat dalam sembilan kelompok yang bisa hadir di tiap misa. Semua peserta misa harus sudah mendaftar melalui google form dan sudah memiliki kartu anggota.

Total ada delapan misa yang bisa diikuti selama empat hari, yakni Kamis (1/4) hingga Minggu (4/4). Tiap harinya akan digelar dua kali misa. Yakni Misa Kamis Putih, Jumat Agung, Misa Malam Paskah pada Sabtu, dan Misa Paskah pada Minggu. Misa akan dipimpin oleh Romo YB Ibnu Fadjar Muchammad, MSF dan Romo Eko Aldianto, OCarm.

"Umat yang tidak daftar dulu dan tidak punya kartu anggota tidak diperkenankan masuk ke gereja. Kami juga menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan covid,"ujar Sekretariat Paroki Gereja Santo Petrus dan Santo Paulus Temanggung Yovita, Rabu (31/3/2021), di Temanggung.

Pembatasan peserta ibadah Paskah juga dilakukan Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Temanggung. Dari total jumlah umat sekitar 2.000 orang dan kapasitas gereja untuk 1.200 an lebih orang, hanya 350 orang jemaat saja yang boleh masuk mengikuti ibadah offline. Mereka juga telah mendaftar sebelumnya dan memiliki tiket untuk masuk gereja khusus untuk Perayaan Jumat Agung. Ibadah akan dipimpin Pendeta Andrew Assa.

"Kalau tidak punya tiket juga tidak bisa ikut Jumat Agung. Kalau Minggu umat boleh datang, tidak perlu tiket karena ada dua kali ibadah. Tapu kalau kuota sudah 350 orang, lainnya tidak boleh masuk. Kami juga telah memasang pos disinfektan untuk prokes covid," kata Petugas Sekretariat GPdI Temanggung Anita Setiawati. (OL-13)

Baca Juga: Pengamanan Jelang Paskah Di Lembata Diperketat

 

Baca Juga

Dok. Intibios Lab

Intibios Lab Hadirkan Laboratorium Fokus Covid-19 di Bali

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Senin 10 Mei 2021, 00:29 WIB
Sejak awal, laboratorium itu dirancang sebagai lab khusus yang fokus pada PCR swab test, antigen swab test, tes serologi, dan pengujian...
MI/VICKY GUSTIAWAN

2.298 Lebih Kendaraan di Tasikmalaya Diputarbalik

👤Kristiadi 🕔Minggu 09 Mei 2021, 22:59 WIB
Larangan mudik bagi warga yang pulang kampung harus menunjukan surat dan jika terkonfirmasi positif harus menanggung...
Dok Mabes Polri

Kapolri Minta Tes Swab Digelar di Tempat Wisata

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 09 Mei 2021, 21:10 WIB
Listyo juga memerintahkan agar tempat wisata yang berada di zona merah untuk ditiadakan alias...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Berharap tidak Ada Guncangan Baru

LAPORAN Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan ekonomi Indonesia pada triwulan I 2021 tumbuh di angka -0,74% (year on year/yoy).

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya