Jumat 05 Maret 2021, 13:15 WIB

DIY Akan Ketat Pemeriksaan di Perbatasan Jelang Libur Isra Miraj

Ardi Teristi Hardi | Nusantara
DIY Akan Ketat Pemeriksaan di Perbatasan Jelang Libur Isra Miraj

ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah
Pemda DIY akan perketat pemeriksaan di perbatasan menjelang liburan Isra' Miraj

 

SEKDA Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta, Kadarmanta Baskara Aji menyampaikan, Pemda DIY akan memperketat di tiga titik di perbatasan dengan Magelang, Klaten, dan Purworejo saat menjelang libur panjang Isra Miraj dan akhir pekan.

"Kalau hari liburnya (Isra Miraj) Kamis (11/3), mungkin hari Rabu siang kita sudah mulai pemeriksaan secara sampling (tidak semuanya)," terang Baskara Aji, Jumat (5/3).

Ia juga meminta, masyarakat dari luar DIY yang hendak berkunjung ke DIY melengkapi diri mereka dengan hasil rapid test antigen ataupun PCR. Jika kunjungan tersebut tidak mendesak, ia pun meminta masyarakat menahan diri  untuk berpergian jauh.

"Kita masih menerapkan PPKM Mikro harapannya kita bisa terus menekan penularan Covid-19," terang dia.

Ia menyampaikan, Gubernur DIY juga akan membuat surat edaran yang ditujukan bagi ASN untuk tidak melakukan perjalanan jauh saat libur panjang Isra Miraj dan akhir pekan. Mereka tetap diizinkan melakukan perjalanan jauh apabila keperluannya sangat mendesak.

Perpanjangan PPKM Mikro

Baskara Aji juga menyampaikan, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di DIY akan diperpanjang dari 9-22 Maret 2021. Hal tersebut disampaikan Baskara Aji setelah video konferensi dengan Menteri Perekonomian RI Airlangga Hartanto pada Kamis (4/3).

Asisten Sekda DIY Bidang Perekonomian dan Pembangunan Tri Saktiyana menambahkan, selain provinsi di Jawa-Bali, ada 3 provinsi yang juga ditunjuk pusat untuk menerapkan PPKM Mikro, yaitu Sumatra Utara, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Timur. Pemerintah pusat juga berencana untuk memperpanjang durasi PPKM Mikro mulai 9 Maret 2021. 

"Untuk ukuran-ukuran PPKM Mikro selanjutnya 9 Maret hingga 22 Maret 2021 mendatang tidak ada bedanya dengan PPKM Mikro yang sebelumnya," terang dia

Tri juga berharap dengan perpanjangan ketiga ini dapat membawa perubahan yang semakin baik bagi kasus Covid-19 di DIY.  

"Selain Babinsa dan Babinkamtibmas, PPKM Mikro di tingkat desa itu dibantu linmas, di DIY tercatat ada 100 linmas yang diperbantukan," kata dia

baca juga: Temanggung Tunggu Instruksi Terkait Varian B117

Tri menambahkan, antisipasi Pemda DIY meminimalisasi penambahan kasus Covid-19 selama libur Isra’ Mi’raj adalah meniadakan tambahan hari libur.  

"Hari kejepit tidak ada tambahan libur, jadi Jumat (12/03) tetap masuk. Untuk ASN sendiri juga dilarang untuk bepergian ke luar kota," tutup dia. (OL-3)
 

Baca Juga

MI/Gabriel Langga

Polemik Rekening Bupati Flotim untuk Donasi Bencana Adonara

👤Gabriel Langga 🕔Selasa 13 April 2021, 07:28 WIB
Bupati Flotim Anton Hadjon beralasan membuka renenging atas nama pribadi untuk membantu korban bencana untuk menampung dana bantuan dari...
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

PKB Bali Sosialisasi Tiga Prioritas Hasil Mukernas dan Munas Ulama

👤Arnoldus Dhae 🕔Selasa 13 April 2021, 07:23 WIB
Ada tiga hasil utama Mukernas PKB dan Munas Alim Ulama yakni pendidikan, pertanian dan UMKM yang kini disosialisasikan kader PKB menjelang...
MI/Djoko Sardjono

Kasus Covid-19 di Klaten Bertambah 72 Orang, 30 Sembuh

👤Djoko Sardjono 🕔Selasa 13 April 2021, 07:08 WIB
Kasus positif covid-19 di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, bertambah 72 orang, Senin (12/4). Namun, kali ini terdapat 30 pasien positif yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya