Jumat 26 Februari 2021, 12:20 WIB

Kepala Daerah Terpilih Harus Kerjakan Program Prioritas

Lina Herlina | Nusantara
Kepala Daerah Terpilih Harus Kerjakan Program Prioritas

DOK Pemprov Sulawesi Selatan
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah bersama Wagub Andi Sudirman Sulaiman berfoto bersama 11 kepala daerah terpilih, Jumat (26/2/2021).

 

SEBANYAK 11 kepala daerah di Sulawesi Selatan dari 12 daerah yang menggelar Pilkada 2020 akhirnya dilantik secara langsung oleh Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di Baruga Pattingalloang, Rumah Dinas Gubernur Jalan Sungai Tangka  Makassar, Jumat (26/2).

Mereka yang dilantik berdasarkan SK Mendagri Nomor 131.73-356 Tahun 2021 adalah pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi, Bupati dan Wakil Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan - Abdul Rauf Mallagani, Chaidir Syam-Suhartina Bohari (Maros), Muhammad Yusran Lalogau-Syahban Sammana (Pangkep).

Lalu Suardi Saleh-Aska Mappe (Barru), Andi Kaswadi Razak-Lutfi Halide (Soppeng), Basli Ali-Syaiful Arif (Kepulauan Selayar), Andi Muchtar Ali Yusuf-Andi Edy Manaf (Bulukumba), Theofilus Allorerung-Zadrak Tombeg (Tana Toraja), dan Andi Indah Putri Indriani-Suaib Mansyur (Luwu Utara).

Sementara itu, Budiman Hakim, Wakil Bupati Luwu Timur dilantik seorang diri, karena bupati terpilih Thoriq Husler meninggal dunia setelah  dinyatakan sembuh dari covid-19.

Nurdin Abdullah pun berpesan agar semua kepala daerah yang baru terpilih, ataupun yang petahana bisa dan siap kembali ke daerahnya dengan mengerjakan semua program prioritas yang sudah ada. 

"Tapi tentunya harus ingat terus bekerja mencegah penularan covid-19 di daerah," pesannya.

Nurdin menambahkan, jika Pemprov Sulsel melalui APBD nya, akan ikut membantu, menopang APBD daerah. Terlebih di masa pandemi yang belum tahu kapan akan berakhir. 

"Lain pihak kita harus menangani covid-19, tapi perekonomian kita juga harus tetap jalan. Mudah-mudahan kasus baru covid-19 terus menurun," serunya.

Terkait vaksinasi, mantan Bupati Bantaeng dua periode itu menjelaskan jika proses vaksinasi di Sulsel tergantung dari ketersediaan vaksin. 

"Tapi untuk tahap kedua, kita baru tiba 15 ribu. Dan ini akan kita prioritaskan kepada masyarakat yang butuh dan rentan. Termasuk yang  untuk lansia ini sudah jalan," tutup Nurdin.

baca juga: Sri Sultan Meminta Kepala Daerah Terpilih Tepati Janji Kampanye

Usai pelantikan, Wali Kota Makassar Danny Pomanto menegaskan akan terus mendukung program pemerintah provinsi dan bersinergi menangani covid-19. Karena sinergi kunci dari semuanya.

"Tanggal 5 Maret nanti kita akan meluncurkan program Makassar Recovery, yang di dalamnya ada tiga kegiatan yaitu memperkuat imunitas, adaptasi sosial dan pemulihan ekonomi. Kita akan mulai dengan melakukan sreening 100 persen dengan memanfaatkan temuan ilmuan dalam negeri yaitu GeNose dari UGM, yang dilanjutkan dengan antigen dan Swab PCR," sebut Danny. (OL-3)

Baca Juga

MI/Bagus Suryo

BNPB Berikan Stimulan Rehab Rumah Rusak Dampak Gempa Malang

👤Atalya Puspa 🕔Senin 12 April 2021, 11:07 WIB
Kepala BNPB Doni Monardo memberikan dana stimulan bagi warga yang rumahnya rusak akibat gempa di Malang, Jatim. Stimulan rusak ringan Rp10...
MI/Andri Widiyanto

Sumatra Utara Perketat Syarat Perjalanan Dinas

👤Yoseph Pencawan 🕔Senin 12 April 2021, 10:50 WIB
Satgas Penanganan Covid-19 Sumatra Utara memperketat persyaratan perjalanan dinas keluar kota bagi aparatur pemerintah dan pegawai...
MI/Bagus Suryo

Pengungsi Gempa Malang Tinggal di Tenda Darurat Dekat Rumah

👤Bagus Suryo 🕔Senin 12 April 2021, 10:44 WIB
Warga terdampak gempa bumi di Kabupaten Malang, Jawa Timur masih mengungsi di tenda darurat sambil menunggu realisasi tenda pengungsian...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Modal Bikin Bank Baru kian Besar

 Di ketentuan RPOJK Bank Umum, bagi perbankan yang baru mau berdiri, diwajibkan memenuhi modal inti Rp10 triliun, termasuk untuk pendirian bank digital.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya