Selasa 19 Januari 2021, 08:28 WIB

Dukung MotoGP, PUPR Bangun 817 Sarana Hunian Pariwisata di NTB

M. Iqbal Al Machmudi | Nusantara
Dukung MotoGP, PUPR Bangun 817 Sarana Hunian Pariwisata di NTB

Istimewa
Kawasan wisata Mandalika, Nusa Tenggara Barat menggelar event balap motor MotoGP mulai tahun 2021.

 

UNTUK mendukung pelaksanaan MotoGP di Mandalika Nusa Tenggara Barat, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun 817 unit Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta) di Lombok Tengah. Dengan rincian 517 unit di sepanjang koridor masuk Kawasan Mandalika dan 300 unit rumah lainnya dibedah untuk rumah singgah dan homestay serta usaha lainnya guna mendukung pariwisata.

Sebanyak 300 rumah yang akan dijadikan homestay itu tersebar di beberapa lokasi antara lain Kuta, Grupuk, Sukadana dan Selong Belanak. Sisanya sebanyak 98 tersebar di Kabupaten Lombok Utara, yakni Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan desain Sarhunta harus mencerminkan adat daerah setempat. Desain dapat dimodifikasi menjadi lebih modern, tetapi tidak meninggalkan kearifan lokal sebagai upaya menarik minat wisatawan domestik maupun mancanegara untuk menginap di hunian tersebut.

"Dalam tatanan normal baru untuk hidup berdamai dengan Pandemi Covid-19, Pemerintah meyakini bahwa sektor ekonomi utama yang dapat rebound dengan cepat adalah sektor pariwisata. Untuk itu, tidak ada kegiatan pembangunan infrastruktur pada 5 KSPN yang dihentikan," kata Basuki dalam keterangan tertulis, Selasa (19/1).

baca juga: Pariwisata Mandalika NTB Diharapkan Topang Perekonomian Nasional

Pembangunan ini juga bertujuan untuk pemulihan ekonomi nasional di sektor pariwisata. Kementerian PUPR sendiri terus melaksanakan penataan di 5 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Prioritas yakni Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo dan Manado-Likupang.

"Program ini bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang terdampak Pandemi covid-19 serta meningkatkan kualitas rumah menjadi lebih layak huni dan sekaligus mendorong perekonomian karena rumah yang telah diperbaiki dapat dimanfaatkan sebagai homestay bagi wisatawan yang berkunjung," ucapnya. (OL-3)
 

Baca Juga

MI/Alexander PT

Ahli Apraisal Taksir Kerugian Skandal Mafia Tanah di Desa Merdeka

👤Alexander P. Taum 🕔Jumat 05 Maret 2021, 19:52 WIB
TIM Penyidik Kejaksaan Negeri Lembata, Nussa Tenggara Timur, secara marathon melakukan serangkaian penyelidikan atas kasus dugaan mafia...
  ANTARA/Arif Firmansyah

Pemprov Jawa Barat Dorong BUM-Des Miliki Bisnis Pertashop

👤Bayu Anggoro 🕔Jumat 05 Maret 2021, 18:50 WIB
Pemerintah Provinsi Jawa Barat menginginkan desa dan masyarakatnya tidak menjadi objek. Mereka harus menjadi pelaku ekonomi di desa,...
dok.123rf

Kini, Semua Desa di Kecamatan Agrabinta jadi Zona Hijau

👤Benny Bastiandy 🕔Jumat 05 Maret 2021, 17:55 WIB
PEMBERLAKUAN pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro di Kecamatan Agrabinta, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, berjalan cukup...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya