Rabu 30 Desember 2020, 16:00 WIB

78 Pasien Gangguan Jiwa di RSKD Dadi Positif Covid-19

Lina Herlina | Nusantara
78 Pasien Gangguan Jiwa di RSKD Dadi Positif Covid-19

dok.mi
Ilustrasi

 

SEBANYAK 78 pasien gangguan jiwa yang menjalani perawatan di Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Dadi Sulawesi Selatan, Jalan Lanto Daeng Pasewang, terkonfirmasi positif covid-19. Dari jumlah itu, 66 di antaranya berstatus tanpa gejala.

Kepala Bidang Keperawatan RDKD Dadi Sulsel, Laela Prih Hapsari mengatakan, semua yang terkonfirmasi positif tetap dirawat di RSKD Dadi. Sebab Pemprov Sulsel belum menyiapkan lokasi isolasi khusus bagi pasien gangguan jiwa yang terkonfirmasi covid-19.

Tertularnya puluhan pasien gangguan jiwa tersebut, diduga dari satu pasien yang baru masuk yang membawa virus atau carrier. "Sehingga dilakukanlah uji usap secara massal,dan dari 200 pasien gangguan jiwa yang dirawat, didapatilah 78 pasien positif," ungkap Laela, Rabu (30/12).

Dia juga tidak menampik, jika bisa juga covid-19 masuk dari dokter-dokter atau perawat-perawat yang bertugas. "Yang kita juga tidak tahu bagaimana caranya, karena kejadian ini cepat dan langsung berentetan," sebut Laela.

Karena belum ada isolasi khusus, jelas dia, pihaknya hanya membedakan ruang isolasi untuk yang bergejala dan tanpa gejala saja. Karena untuk yang bergelaja itu, hanya batu-batuk dan demam ringan.

"Untuk menghindari penyebaran covid-19 lebih luas, kami menerapkan pembatasan  pasien yang akan dirawat saja. Sementara, pihak rumah sakit hanya akan menerima pasien gangguan jiwa yang kondisinya sangat mendesak untum dirawat, dan sebelumnya juga diwajibkan menjalani tes swab-PCR (Polymerase Chain Reaction)," sebut Laela.

RSKD Dadi Sulsel ini sendiri merupakan rumah sakit rujukan perawatan kejowaan untuk wilayan Sulsel dan Sulbar. Tapi sejak April lalu, juga dijadikan sebagai salah satu rumah sakit rujukan pasien covid-19 di Kota Makassar. (OL-13)

Baca Juga: Anies Terbitkan Ingub Soal Vaksinasi Covid, Teknisnya Tunggu Pusat

 

Baca Juga

Dok. Agriensia Raya

Oleh-Oleh Kekinian Asli Medan Ini Buka Gerai Kedua, Beri Kejutan Bagi Penumpang Pesawat

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Mei 2022, 23:08 WIB
Bolu Stim Menara merupakan makanan kekinian asli Medan yang mampu menjadikan bahan baku asli Medan seperti pandan, markisa, srikaya, jeruk...
DOK Telkomsel.

Kartu Telekomunikasi yang Dipakai Surfer WSL di Banyuwangi

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Mei 2022, 22:20 WIB
Lokasi WSL tepat berada di kelengkungan bumi sehingga tim network memasang dua combat yakni Plengkung dan...
MI/Benny Bastiandy

Pemandian Air Panas Alami di Pasar Cipanas Jadi Daya Tarik Wisata

👤Benny Bastiandy 🕔Jumat 27 Mei 2022, 22:06 WIB
PASAR Cipanas Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, memiliki potensi sumber air panas alami. Saat ini potensinya sudah ditata sedemikian rupa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya