Rabu 30 Desember 2020, 00:20 WIB

Malam Tahun Baru, Pantai Kuta Tetap Buka

Arnoldus Dhae | Nusantara
Malam Tahun Baru, Pantai Kuta Tetap Buka

Antara/Nyoman Hendra
Pantai Kuta, Bali, saat diserbu wisatawan domestik.

 

KAWASAN Pantai Kuta Bali yang biasanya ditutup setiap perayaan tahun baru, namun kali ini berbeda.

Sebab, pada tahun ini kawasan Pantai Kuta yang kerap dibanjiri pengunjung, tidak akan ditutup. "Tidak ada penutupan arus lalu lintas ke Pantai Kuta. Juga tidak ada skema pengalihan arus lalu lintas, baik dari maupun ke Pantai Kuta di malam pergantian tahun baru," ujar Kapolresta Denpasar Kombes Jansen Avitus Panjaitan, Selasa (29/12).

Alasan Pantai Kuta tidak ditutup ialah rendahnya jumlah wisatawan yang berkunjung ke Bali. Berdasarkan data lapangan dan pantauan petugas, jumlah pengunjung ke Bali pada 2020, khususnya jelang pergantian tahun, turun drastis. 

Baca juga: Bali Akhirnya Kembali Inflasi di November 2020

Bahkan, angka kunjungan tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Jumlah perjalanan dari udara, laut dan darat yang masuk ke Bali juga mengalami penurunan. Data ini juga memengaruhi jumlah pengunjung yang akan mendatangi Pantai Kuta untuk merayakan tahun baru.

"Memang terjadi penurunan signifikan. Bila dibandingkan tahun sebelumnya, jumlah kunjungan tahun ini diprediksi tinggal sepertiga. Jadi tidak ada penutupan, tidak ada rekayasa pengalihan arus lalu lintas," imbuh Jansen.

Baca juga: Kunjungan Wisatawan Asing Masih Lesu

Walau terjadi penurunan jumlah wisatawan, pihaknya tetap memperketat pengawasan di wilayah Bali, termasuk Pantai Kuta. Patroli bertujuan untuk memastikan tidak ada ancaman ketertiban dan keamanan. Selain itu, patroli gabungan juga memperketat penerapan protokol kesehatan di masa pandemi covid-19.

"Masyarakat dilarang berkerumun, dilarang menggelar pesta. Di beberapa titik, masyarakat yang akan mengikuti acara akan dilakukan cek suhu badan. Patroli yustisi melibatkan sekitar 1.500 personel gabungan," tutupnya.(OL-11)

Baca Juga

MI/Amiruddin A.R

Empat Poter Tim Ranger Konservasi Leuser Diserang Harimau di Aceh Selatan

👤Amiruddin MR 🕔Senin 30 Januari 2023, 01:05 WIB
EMPAT orang pengantar barang dan bahan logistik (poter) Team Ranger Forum Konservasi Leuser (FKL) yang sedang melakukan kegiatan di kawasan...
dok.ist

Ganjaran Buruh Berjuang Banten Resmi Dikukuhkan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 Januari 2023, 23:03 WIB
KEPENGURUSAN relawan Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) Provinsi Banten kini telah resmi dikukuhkan oleh pengurus Pusat...
MI/HO

Kementan Harmonisasi Pusat dan Daerah Bangun Regenerasi Petani

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 Januari 2023, 22:58 WIB
PENGEMBANGAN pertanian terus dilakukan oleh jajaran Kementerian Pertanian RI melalui aneka program dan terobosan, di antaranya regenerasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya