Rabu 09 Desember 2020, 23:50 WIB

Cirebon Bersiap Lakukan Vaksinasi Covid-19

Nurul Hidayah | Nusantara
Cirebon Bersiap Lakukan Vaksinasi Covid-19

dok.medcom
Ilustrasi vaksin covid-19

 

KOTA Cirebon, Jawa Barat membutuhkan sekitar 50 ribu vaksin. Petugas kesehatan sudah disiapkan untuk memberikan vaksinasi kepada warga.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon, Edy Sugiarton menjelaskan bahwa mereka kini tengah bersiap menanti kedatangan vaksin Sinovac asal Tiongkok. "Kota Cirebon membutuhkan sebanyak 50 ribu vaksin," ungkap Edy, Rabu (9/12).

Nantinya vaksinasi ini menurut Edy akan disalurkan serentak pada Januari 2021 ke puluhan ribu tenaga medis yang ada di Pulau Jawa dan Bali. Termasuk pula TNI dan Polri. "Kami juga sudah siap melakukan vaksinasi," ungkap Edy.

Dijelaskan Edy, pihaknya sudah menyiapkan tenaga vaksinator dari 22 puskesmas yang ada di Kota Cirebon. Mereka juga sudah dilatih melalui pelatihan secara online. "Saya sendiri menyarankan sebanyak 70 persen masyarakat Kota Cirebon divaksinasi," ungkap Edy. Dengan begitu, 30 persen masyarakat lainnya,termasuk yang memiliki penyakit penyerta bisa terlindungi.

Nantinya, lanjut Edy, vaksinasi akan dilakukan sebanyak dua kali. "Jadi warga harus dua kali divaksinasi," ungkap Edy. Minggu pertama yang kemudian dilanjutkan minggu berikutnya. Vaksinasi ini tidak boleh putus, dan harus dilakukan dua kali. Tidak ada efek samping bagi warga yang divaksinasi.

Sementara itu dari Kabupaten Cirebon dilaporkan, Dinas Kesehatan setempat menyatakan kesiapan mereka untuk melakukan program vaksinasi. "Sebanyak 1,5 juta usia dewasa akan mendapatkan vaksinasi covid-19 tahun depan," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon, Enny Suhaeni.

Pihaknya, lanjut Enny, juga telah menyiapkan petugas untuk program vaksinasi di 60 puskesmas yang ada di Kaubpaten Cirebon. "Semua SDM di puskesmas sudah terlatih, ada juga satu orang di Dinkes yang bertugas sebagai koordinator," ungkap Enny. (OL-13)

Baca Juga: Zona Merah Covid Kalteng Bertambah Menjadi Empat Daerah

Baca Juga

Ist

Kiai Nurul Huda Ploso Akan Hadiri Istighasah Perdamaian Dunia di Surabaya

👤Widhoroso 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 20:38 WIB
PENGASUH Pondok Pesantren Al-Falah Ploso, Kediri, Jawa Timur, KH Nurul Huda Djazuli dipastikan hadir dalam acara doa bersama untuk...
Antara/Bagus Suryo

Widodo Terpilih Jadi Rektor Universitas Brawijaya 2022-2027 

👤Bagus Suryo 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 19:45 WIB
Widodo terpilih menjadi rektor mengungguli dua calon kuat lainnya, yaitu Dekan Fakultas Teknologi Pertanian Imam Santoso dan Dekan Fakultas...
Antara/Bayu Pratama S

Petani Di Bangka Berharap Harga TBS Kembali Naik, Harga Masih Rp1.800/Kg 

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 19:30 WIB
"Kita pernah mengalami harga sawit itu Rp1.200/kg, saat ini sulit sekali mengharapkan keutungan kalau ada pun sangat minim,"...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya