Jumat 04 Desember 2020, 05:44 WIB

Debat Terakhir, Rusdy-Ma'mun akan Perbaiki Infrastruktur Jalan

mediaindonesia.com | Nusantara
Debat Terakhir, Rusdy-Ma

Ist
Penampilan asangan calon nomor dua, Rusdy Mastura dan Ma'mun Amir, dalam debat terakhir.

 

DIPANDU moderator Dewinta Kalolla dari Stasiun TVRI pada debat ketiga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura menjawab strategi dan kebijakannya dalam mempercepat aspek pembangunan dengan memperbaiki dan 
mengatasi persoalan transportasi baik darat, laut, dan udara di Sulawesi Tengah (Sulteng).

Moderator sampaikan tujuan pengembangan kewilayahan adalah mengurangi kesenjangan pembangunan melalui percepatan dan pemerataan yang pelaksanaanya menekankan keunggulan kompetitif perekonomian daerah berbasis sumber daya alam yang tersedia, sumber daya manusia yang berkualitas, Penyediaan infrastruktur serta meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Kita harus punya peta komoditi, misalnya disini cocok untuk rumput laut, disana untuk pertanian, perkebunan, kelautan dan lain sebagainya. Kemudian kita dorong pendidikan yang sesuai dengan potensi daerah itu. Sehingga kita bisa menghasilkan teknopark-teknopark menyerap tenaga kerja," tandas Rusdy dalam debat Pilgub Sulteng, Kamis (3/12).

Pada segmen pertama debat ketiga yang disiarkan langsung oleh TVRI ini pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Tengah nomor urut 2, Hidayat-Bartho tidak siap, sedangkan Rusdy-Ma'mun menekankan pada strategi dalam mempercepat pembangunan dalam pengembangan kewilayahan dengan jelas dan tuntas.

"Sulawesi Tengah sangat kaya dengan kekayaan sumber daya alamnya, nilai tukar petani harus bisa meningkat dan perlu pemanfaatan teknologi di sektor tersebut. Misalnya sawah di Toili, Buol, dan Parigi kita harus manfaatkan teknologi serta mendorong pendidikan yang berbasis vokasi pertanian," jelas Rusdy

Menurut Rusdy sekarang ini harus tingkatkan pengembangan teknologi, kita memiliki kekayaan laut yang juga luar biasa. Aplikasi banyak berkembang yang bisa menggunakan android, seperti aplikasi fish on yang bisa mendeteksi ikan dan arus laut. Selain itu pembangunan kewilayahan disektor perikanan, akan diarahkan ke pengembangan budidaya ikan ditambak.

"Di Buol itu produksi petaninya bisa mencapai 7-8 ton. Saya kalau jadi gubernur akan bangun pusat pendidikan vokasi pertanian. Karena disana pertaniannya maju," tutup Rusdy yang juga dikenal sebagai politikus NasDem.

Rusdy Mastura dan Ma'mun Amir sering membahas sektor pertanian, karena ini menjadi fokus Paslon nomor urut 2 ini agar petani memiliki harga jual yang tinggi. Bukan hanya memikirkan bagaimana membangun infrastruktur dengan jalan yang mulus, tapi nilai tukar petani tinggi dan harga dikonsumen rendah. (RO/OL-09)

Baca Juga

DOK MI

Jalan Tertimbun Longsor di Ende Belum Dibersihkan

👤Palce Amalo 🕔Selasa 19 Januari 2021, 19:08 WIB
Material longsor di jalan Kecamatan Lepembusu Kelisoke, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur belum...
Antara

Langgar Prokes, Satgas Covid-19 Segel Tiga Kolam Renang di Garut

👤Adi Kristiadi 🕔Selasa 19 Januari 2021, 18:30 WIB
SATGAS COvid-19 Kabupaten Garut, Jawa Barat, menyegel tiga kolam renang yang berasa di kawasan wisata Cipanas, Kecamatan Tarogong...
DOK MI

Sumsel Terima Tambahan 29.840 Dosis Vaksin Sinovac

👤Dwi Apriani 🕔Selasa 19 Januari 2021, 18:25 WIB
Sumsel terima tambahan vaksim...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya