Senin 30 November 2020, 06:55 WIB

Pemkot Tebing Tinggi Hitung Kerugian Banjir

Apul Iskandar | Nusantara
Pemkot Tebing Tinggi Hitung Kerugian Banjir

MI/Apul Iskandar
Wali Kota Tebing Tinggi Umar Zunaidi Hasibuan saat meninjau posko banjir Kelurahan Mekar Sentosa Kecamatan Rambutan, , Minggu (30/11/2020)

 

PASCAbencana banjir yang melanda Kota Tebing Tinggi, Sumatra Utara sejak Jumat (27/11) menyisakan kerugian. Mulai dari tanggul yang jebol, lahan pertanian,  perikanan dan peternakan yang rusak, sekolah rusak akibat banjir luapan Sungai Padang.

Wali Kota Tebing Tinggi Umar Zunaidi Hasibuan saat menyerahkan bantuan pangan, masker dan sanitizer Minggu (29/11) di dapur umum posko banjir Kelurahan Mekar Sentosa Kecamatan Rambutan, Kota Tebing Tinggi menjelaskan Pemkot Tebing Tinggi saat ini sedang melakukan tahapan kajian untuk menghitung kerugian masyarakat serta kerugian pemerintah.

"Kita sedang melakukan kajian cepat penghitungan kerugian-kerugian yang diderita oleh masyarakat, baik itu infrastruktur, perumahan, pertanian, perikanan, peternakan dan juga sekolah-sekolah ataupun fasilitas umum yang terkena bencana banjir ini. Antara lain infrastruktur jalan ada beberapa banyak yang rusak. Kemudian hal-hal lain yang menyangkut dengan drainase, ataupun bangunan gedung yang rusak itu menjadi data kita," jelas Wali Kota, Minggu (29/11).

Menurutnya kerugian akibat dampak banjir sangat besar, terutama pada infrastruktur jalan yang rusak.

"Tanggul saja berapa meter yang jebol. Itu sudah pasti mengalami kerugian yang besar. Belum lagi sektor pertanian dan perekonomian," lanjutnya.

Seringnya terjadi bencana banjir yang melanda Kota Tebing Tinggi hampir di setiap penghujung tahun, Pemkot Tebing Tinggi mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk segera menindaklanjuti rencana penanggulangan banjir tersebut.

baca juga: Banjir Tebing Tinggi, 56 Posko Didirikan

Terkait usulan tersebut, Umar Zunaidi menegaskan dan  mendesak pemerintah provinsi Sumatra Utara ataupun pemerintah pusat melalui perwakilan yang ada di DPRD dan DPR-RI untuk segera menyuarakan penanggulangan banjir secara tuntas.

"Kita harapkan untuk sama-sama menyuarakan bahwa ini perlu dituntaskan atau disegerakan di Tebing Tinggi agar jangan tiap tahun kita kebanjiran. Itu yang kita mintakan," tegasnya. (OL-3)
 

Baca Juga

Medcom.id

Muncul Klaster Ponpes dan Lansia di Semarang

👤Akhmad Safuan 🕔Senin 01 Maret 2021, 11:14 WIB
Jumlah warga terkonfirmasi covid-19 di Kota Semarang menurun, tetapi muncul klaster baru yakni klaster pondok pesantren sebanyak 43...
DOK PEMKAB JAYAPURA

Bupati Jayapura: Anggaran Rp275 M Sedang dalam Proses Pengadaan

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 01 Maret 2021, 10:18 WIB
Rp 275 Miliar dari Pempus Digunakan untuk Perbaikan Perumahan dan...
DOK PEMKAB JAYAPURA

Bupati Jayapura Minta HKJM Terdepan Bangun Keberagaman di Jayapura

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 01 Maret 2021, 10:11 WIB
Lebih lanjut Bupati MA mengatakan, kedamaian dan keharmonisan terus kita ciptakan seperti...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya