Minggu 22 November 2020, 10:23 WIB

KPU Cianjur Prioritaskan Distribusi Logistik ke Wilayah Selatan

Benny Bastiandy | Nusantara
KPU Cianjur Prioritaskan Distribusi Logistik ke Wilayah Selatan

MI/BENNY BASTIANDY
Ketua KPU Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selly Nurdinah, mengecek pengepakan boks surat suara yang baru diterima dari percetakan.

 

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, telah memitigasi karakteristik tempat pemungutan suara (TPS) yang jauh dan sulit dijangkau armada transportasi. Langkah itu tidak terlepas kaitannya dengan skema pendistribusian kebutuhan logistik Pilkada mengingat kondisi cuaca saat ini cukup ekstrem.

Ketua KPU Kabupaten Cianjur Selly Nurdinah mengatakan TPS yang berada di pelosok mayoritas tersebar di wilayah Cianjur selatan. Karena itu, KPU akan memprioritaskan pendistribusian logistik terlebih dulu.

"Kita akan memprioritaskan distribusinya ke wilayah yang cukup jauh dan sulit dijangkau. Wilayah selatan tentu jadi proritas," terang Selly, Minggu (22/11).

Baca juga: Immawan-Martanti Dinilai Miliki Kapasitas untuk Pimpin Gunungkidul

Selly belum bisa merinci jumlah TPS yang termitigasi berada cukup sulit dijangkau.

Berdasarkan laporan hasil pemetaan dari panitia pemungutan suara (PPS) di tingkat desa dan panitia pemilihan kecamatan (PPK) di tingkat kecamatan, terdapat beberapa TPS yang keberadaannya cukup jauh dan relatif sulit dijangkau armada pengangkut logistik.

"Kalau jumlah riil (TPS) kita belum dapat. Dari hasil mitigasi, ada beberapa TPS yang harus mendapat perlakuan khusus saat distribusi logistik. Di antaranya seperti di Kecamatan Kadupandak, Cijati, Cidaun, dan Sindangbarang," jelasnya.

Selly memastikan jumlah TPS di pelosok itu tidak mencapai ratusan. Diperkirakan hanya mencapai puluhan TPS.

"Tidak sampai ratusan. Puluhan juga mudah-mudahan tidak terlalu banyak," tuturnya.

Hari H pemungutan suara pada 9 Desember sudang tinggal sekitar 2 pekan lagi. Satu per satu kebutuhan logistik pun diterima KPU dari pihak penyedia jasa.

"Ada memang beberapa logistik yang belum kami terima, seperti tinta, segel, dan lainnya. Semuanya sedang dalam proses," kata Selly.

Karena itu, Selly optimistis semua logistik Pilkada Kabupaten Cianjur bisa terdistribusikan sebelum hari H pemungutan suara. Skema pendistribusiannya pun sudah dirancang sedemikian rupa agar tidak ada yang mengalami rusak, baik karena faktor alam maupun faktor manusia.

"Mudah-mudah distribusi (logistik) sesuai regulasi maksimal satu hari sebelum hari H sudah berada di TPS," pungkasnya.

Sekretaris BPBD Kabupaten Cianjur Mochammad Irfan Sofyan mengingatkan masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi tanah longsor bersamaan tingginya intensitas curah hujan akhir-akhir ini. Terutama di wilayah selatan Cianjur yang notabene merupakan daerah perbukitan dengan tingkat kerentanan risiko kebencanaan relatif tinggi.

"Kami imbau bagi para pengendara, baik sepeda motor maupun mobil, lebih baik berhenti dulu saat turun hujan deras. Dikhawatirkan terjadi longsor dari tebing-tebing yang berada di sepanjang ruas jalan," kata Irfan. (OL-1)

Baca Juga

 MI/Gabriel Langga

Jalan Rusak Parah Perniagaan Warga Desa Pogon Terhambat

👤Gabriel Langga 🕔Selasa 01 Desember 2020, 19:35 WIB
KONDISI jalan raya di Desa Pogon, Kecamatan Waigete, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur rusak...
MI/Rudi Kurniawansyah

Setelah Istri, Gubernur Riau Terkonfirmasi Positif Covid-19

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Selasa 01 Desember 2020, 18:40 WIB
GUBERNUR Riau Syamsuar dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 setelah sehari sebelumnya Misnarni, istri Syamsuar dinyatakan...
MI/Lilik Darmawan

Pembangunan Bandara JB Soedirman Purbalingga Tinggal 25%

👤Lilik Darmawan 🕔Selasa 01 Desember 2020, 17:35 WIB
PROGRES pembangunan Bandara Jenderal Besar (JB) Soedirman di Wirasaba, Purbalingga, Jawa Tengah telah mencapai 75% atau tinggal 25%...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya