Minggu 22 November 2020, 09:29 WIB

Immawan-Martanti Dinilai Miliki Kapasitas untuk Pimpin Gunungkidul

Agus Utantoro | Nusantara
Immawan-Martanti Dinilai Miliki Kapasitas untuk Pimpin Gunungkidul

MI/Agus Utantoro
Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Gunungkidul yang diusung Partai NasDem, Immawan Wahyudi dan Martani Soenar Dewi.

 

PASANGAN calon bupati/wakil Bupati Gunungkidul yang diusung Partai NasDem, Immawan Wahyudi-Martani Soenar Dewi, dinilai memiliki  kelebihan dibanding pasangan calon lainnya sehingga layak dipilih menjadi pemimpin Gunungkidul pada periode mendatang.

Aktivis sosial di Gunungkidul Rino Caroko menilai setidaknya ada dua keunggulan, pertama soal pengalaman, kedua soal representasi perempuan.

"Paslon nomor urut 2 punya dua kelebihan dibanding kandidat lainnya. Saya melihat memang soal kemampuan dan pengalaman hanya dimiliki Pak Immawan. Sedangkan Bu Tanti satu-satunya kontestan perempuan, tentu sangat mewakili apa yang dibutuhkan perempuan, terutama di bidang pemberdayaan, kesehatan, pangan dan Kesra," ujar pemuda asal Kapanewon Panggang itu, Sabtu (21/11).

Baca juga: Simulasi Pilkada Kalteng Dengan Prokes Libatkan Kepolisian

Menurut Rino, dua kelebihan itu selalu dijadikan sasaran tembak kontestan lain.

Ia mengemukakan, menghadapi keunggulan paslon yang diusung Partai NasDem sendiri ini lawan-lawan politiknya akan  membangun narasi untuk menjatuhkan reputasi 02.

"Padahal mereka ini sebenarnya tidak punya gagasan konkret," katanya.

Ia menambahkan, calon bupati Immawan Wahyudi sering menjadi sasaran kampanye hitam. Dia dituduh tidak mampu berbuat banyak selama menjadi wakil bupati.

"Bagi saya ini tidak benar. Contoh terbaru, UMK Gunungkidul pada 2021 naik paling tinggi se-DIY," katanya.

Selain serangan dan kampanye hitam, lanjut Rino, semua lawan 02 akan mengklaim paling hebat dengan segala pencitraannya. Hal itu memang dibutuhkan bagi para penantang, meskipun tidak memiliki konsep yang jelas untuk membangun Gunungkidul.

Ia pun mengajak masyarakat untuk lebih realistis dalam menilai setiap paslon, terutama dari rekam jejak.

"Bagi saya, realitis saja. Di saat yang lain masih proyeksi, Pak Immawan bicara prestasi. Satu hal yang pasti, teman-teman aktivis menilai 02 bersih tidak pernah ada catatan merah soal korupsi. Ini menjadi kelebihan lainnya," tegas ketua LSM Jejaring Rakyat Mandiri tersebut.

Didukung Amien Rais

Pasangan Immawan Wahyudi-Martanti Soenar Dewi juga mendapat dukungan dari mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional yang sekaligus mantan Ketua PP Muammadiyah, Amien Rais.

Melalui unggahan video yang banyak tersebar di Gunungkidul, Amien Rais melalui testimoni video berdurasi 5 menit 26 detik yang menggunakan Bahasa Jawa menceritakan historis Immawan Wahyudi. Mulai sebagai mahasiswa IAIN Sunan Kalijaga, hingga memasuki dunia politik.

"Sepuluh tahun menjadi anggota DPRD DIY dan 10 tahun menjadi Wakil Bupati Gunungkidul, Pak Immawan menunjukkan kepemimpinan yang baik. Merangkul rakyat. Sangat dekat dengan rakyat," kata Amien.

Lebih jauh, Amien juga mengatakan, meski 10 tahun memasuki dunia politik, Immawan tetap menunjukkan kesederhanaan, ikhlas, tawadduk, yang merupakan kekuatan Immawan. Immawan juga selama 10 tahun di DPRD dan Wakil Bupati Gunungkidul tidak pernah terlibat kasus di BPK dan KPK.

"Jadi, selama ini, Pak Immawan ini tidak ada nokta hitam," tegasnya.

Karakter Immawan yang sederhana dan tidak suka pencitraan, digambarkan Amien sebagai sosok teladan. Berbekal pengalaman dan prestasi di pemerintahan, Amien yakin pasangan Immawan-Martanty membawa Gunungkidul lebih maju lagi.

"Mari bersama-sama memberikan hak pilih kepada Immawan-Martanti, supaya rakyat Gunungkidul memilih Bupati dan Wakil Bupati yang baik,"  jelasnya.

Pekan lalu, Minggu (15/11/2020), lebih dari 20 pengurus dan kader PAN secara terbuka mendukung Immawan. Mereka yang tergabung dalam kelompok Matahari Biru, secara resmi mundur dari kepengurusan PAN.

"Ini ada kumpulan dari beberapa kapanewon. Mulai dari Girisubo, Patuk, Semin, Tepus, Panggang dan lainnya. Dukungan kepada Pak Immawan murni dari hati nurani kami. Kami melihat sosok Immawan adalah teladan sebagai pemimpin. Pak Immawan bersama Bupati Badingah dinilai terbukti mampu memajukan Gunungkidul," kata Bardan Budi Santoso, perwakilan kelompok Matahari Biru yang juga mantan Wakil Ketua Bidang HAM dan Advokasi di DPD PAN Gunungkidul.

Terhadap dukungan itu, Immawan Wahyudi yang cukup lama menjadi Wakil Bupati Gunungkidul mendampingi Badingah ini mengucapkan terima kasih dan berharap warga Gunungkidul menjatuhkan pilihan mereka untuknya pada Pilkada mendatang. (OL-1)

Baca Juga

MI/Rudi Kurniawansyah

Setelah Istri, Gubernur Riau Terkonfirmasi Positif Covid-19

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Selasa 01 Desember 2020, 18:40 WIB
GUBERNUR Riau Syamsuar dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 setelah sehari sebelumnya Misnarni, istri Syamsuar dinyatakan...
MI/Lilik Darmawan

Pembangunan Bandara JB Soedirman Purbalingga Tinggal 25%

👤Lilik Darmawan 🕔Selasa 01 Desember 2020, 17:35 WIB
PROGRES pembangunan Bandara Jenderal Besar (JB) Soedirman di Wirasaba, Purbalingga, Jawa Tengah telah mencapai 75% atau tinggal 25%...
MI/Andri Widiyanto

Perayaan Natal di Palangka Raya Boleh Dilaksanakan

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 01 Desember 2020, 17:21 WIB
Setiap jemaat yang beribadah di gereja menggunakan masker dan menyiapkan fasilitas cuci tangan disertai sabun serta menyiapkan "hand...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya