Senin 16 November 2020, 16:50 WIB

Pemprov NTT Salurkan KUR untuk 1.106 Peternak

Palce Amalo | Nusantara
Pemprov NTT Salurkan KUR untuk 1.106 Peternak

MI/Rudi Kurniawansyah
Peternak Sapi

 

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Timur (NTT) memfasilitasi penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) kepada peternak untuk memperluas akses usaha dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di tengah pandemi covid-19.

"Kami menghubungkan peternak dengan perbankan untuk mendapatkan akses KUR," kata Tim Ad Hock Peternakan NTT, Alfridus Bria Seran, Senin (16/11).

Saat ini, sebanyak 14 kelompok yang beranggota 1.106 peternak yang dinyatakan layak menerima KUR. "Dana KUR dari Bank BNI 46 sebesar Rp15.000.000 untuk pembelian dua ekor sapi seharga Rp14.000.000 dan Rp1.000.000 dimanfaatkan untuk biaya premi asuransi ternak dan obat-obatan," ujar Alfridus.

Peternak yang menerima KUR tersebut baru berasal dari satu kabupaten yakni Malaka, sedangkan kabupaten lainnya menyusul. Pemerintah berkomitmen mengurangi kemiskinan dengan meningkatkan pendapatan masyarakat melalui kebijakan tersebut.

Kebijakan lain ialah program tanam jagung panen sapi atau TJPS. Program dengan sasaran optimalisasi lahan untuk menanam jagung ini, untuk menyiapkan pakan bagi ternak sekaligus mengurangi pembelian pakan ternak dari luar daerah.

Gubernur NTT Viktor Laiskodat mengatakan setiap tahun, peternak di daerah itu membelanjakan Rp1,8 triliun pakan ternak di daerah lain. Jagung sebagai bahan dasar pembuatan pakan ternak ayam dan babi disiapkan untuk industri pakan ternak, sekaligus menciptakan lapangan kerja.

Menurut Laiskodat, program ini juga berlanjut kepada pengembangan Sapi Wagyu di NTT, yang desainnya dilakukan bersama kementerian dan tim dari Brazil dan Pemprov NTT.

"Empat tahun ke depan kita memiliki Sapi Wagyu dengan kualitas daging premium dan nantinya kita serahkan kepada seluruh peternak sapi di NTT sehingga dapat mengembangbiakannya, yang akhirnya ikut berkontribusi untuk memenuhi kebutuhan daging kualitas premium di Jakarta, Surabaya, Bali dan daerah lain," kata Laiskodat. (OL-13)

Baca Juga: Kebumen Kembali Masuk Zona Merah Covid-19

Baca Juga

ANTARA FOTO/Fransisco Carolio

Menteri PUPR Minta Perbaikan Tol Trans Sumatera Tuntas Akhir April

👤Fetry Wuryasti 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 12:40 WIB
Beberapa segmen jalan harus dilakukan rekondisi dan rekonstruksi, termasuk levelling oprit jembatan yang mengalami penurunan karena berada...
ANTARA FOTO/Umarul Faruq

BMKG: Sulut Diguncang Gempa dengan Magnitudo 6,1

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 10:15 WIB
Dalam informasi yang diterima dari BMKG di Jakarta, Sabtu, lokasi gempa berada di 3.67 lintang utara dan 126.82 bujur...
DOK Pribadi.

Wapres PNLG Tunjukkan Pengelolaan Kawasan Pesisir Jelang Pertemuan Oktober

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 08:58 WIB
Sejumlah keberhasilan itu tampak pada program pembangunan rumah untuk keluarga nelayan di daerah itu, termasuk bantuan perahu hingga jaring...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya