Selasa 03 November 2020, 17:11 WIB

UMP Sumsel Tetap, Pengusaha Beri Apresiasi

Dwi Apriani | Nusantara
UMP Sumsel Tetap, Pengusaha Beri Apresiasi

MI/Dwi Apriani
Gubernur Sumsel Herman Deru

 

GUBERNUR Sumatera Selatan Herman Deru, Selasa (3/11) menetapkan besaran upah minimum provinsi (UMP) 2021 senilai Rp3,04 juta per bulan. Angka tersebut sama seperti upah 2020.

Dalam surat keputusan gubernur yang ditetapkan pada 2 November 2020, penetapan UMP itu telah memerhatikan rekomendasi Dewan Pengupahan. "Saya juga melakukannya sesuai dengan edaran Menteri Ketenagakerjaan," kata Deru, Selasa (3/11).

Menurut Herman Deru, UMP Sumsel 2021 dihitung dengan standar 7 jam kerja sehari atau setara 40 jam kerja seminggu. Ia menekankan perusahaan yang telah memberikan upah lebih tinggi dari ketentuan UMP yang ditetapkan tersebut, dilarang untuk menguranginya atau menurunkan upah.

Sementara itu, Ketua DPD Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sumsel, Sumarjono Saragih, mengatakan pihaknya mengapresiasi keputusan Gubernur Sumsel untuk tidak menaikkan besaran UMP. "Semoga buruh dapat menerimanya. Ini keputusan sulit demi kepentingan lebih luas," katanya.

Menurutnya, saat ini semua pihak bergantung pada pemerintah. Apindo Sumsel berharap program pemerintah memberi susbidi upah dapat menjadi penawar atas besaran UMP yang tidak naik.

"Selama Covid-19, nasib kita semua sangat bergantung pada pemerintah, mulai dari bansos, relaksasi, bantuan modal dan kemudahan izin," katanya. (R-1)

 

Baca Juga

Antara/Adiwinata Solihin

Lapas Kendari Berdayakan Narapidana untuk Kembangkan Pertanian Hidroponik

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 11:26 WIB
Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Kendari, Sulawesi Tenggara, memberdayakan narapidana dalam pengembangan pertanian tanaman...
MI/Dwi Apriani

Panglima TNI Tinjau Pelaksanaan Latihan Puncak Super Garuda Shield

👤Dwi Apriani 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 11:23 WIB
PANGLIMA TNI Jenderal TNI Andika Perkasa bersama Panglima Komando Indo Pasifik Admiral John C Aquilino meninjau pelaksanaan latihan puncak...
dok.ist

Ganjar Didoakan Ribuan Santri di Pemekasan untuk Presiden 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 11:20 WIB
TAK kurang dari 2.000 santri yang tergabung dalam Santri Dukung Ganjar Jawa Timur ikut serta dalam gebyar salawat dan doa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya