Minggu 16 Agustus 2020, 07:39 WIB

Kembangkan Wisata Religi Kalsel Bangun Masjid Bambu

Denny Susanto | Nusantara
Kembangkan Wisata Religi Kalsel Bangun Masjid Bambu

MI/Denny Susanto
Peletakan batu pertama dan penentuan arah kiblat pembangunan masjid bambu oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Minggu (16/8/2020).

 

PEMERINTAH Provinsi Kalimantan Selatan membangun mesjid ikonik berbahan baku tanaman bambu dalam upaya mengembangkan wisata religi di wilayah tersebut. Pembangunan masjid bambu yang diberi nama Masjid Bambu KH Abdul Qodir Hasan, di Desa Kiram, Kabupaten Banjar ini ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan masjid oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor. Selain peletakan batu pertama, juga dilakukan penentuan arah kiblat.

Pembangunan masjid bambu yang berlokasi di kawasan desa wisata Kiram Park ini merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah mengembangkan wisata religi. Disamping itu pemilihan tanaman bambu sebagai bahan baku utama mesjid karena bambu merupakan simbol perjuangan dan menjadi sumber ekonomi masyarakat di daerah aliran sungai Kalsel.

"Bambu adalah simbol perjuangan dalam melawan penjajah. Demikian juga pemilihan nama masjid KH Abdul Qadir Hasan adalah sosok ulama sekaligus pejuang di daerah (banua)," tuturnya.

Sementara, Roy Rizali Anwar, Kepala Dinas PUPR Provinsi Kalsel, Minggu (16/8), mengatakan pembangunan masjid KH Abdul Qadir Hasan yang menelan biaya Rp11,8 miliar ini ditargetkan rampung pada Desember 2020. 

"Masjid bambu dibangun dengan konsep atau bentuk masjid peradaban Islam tertua di Kalsel yakni Masjid Sultan Suriansyah," tuturnya.

baca juga: Perangi Covid Polda Kalsel Bantu Satu Juta Masker

Masjid bambu diharapkan mampu menjadi ikon wisata religi sekaligus menegaskan Kalsel sebagai daerah religi. Ornamen bambu yang digunakan akan mendapat treatment khusus agar bisa bertahan hingga 20 tahun. Peletakan batu pertama pembangunan masjid bambu juga dibarengi pembacaan manakip atau riwayat KH Abdul Qadir Hasan. (OL-3)

Baca Juga

MI/Gabriel Langga

Desa Tilang Nikahkan Ratusan Pasangan secara Gratis

👤Gabriel Langga 🕔Selasa 17 Mei 2022, 12:22 WIB
"Tahun ini ada sekitar 111 pasangan akan kita nikahkan secara bertahap. Proses pembiayaan pernikahan ditanggung oleh desa melalui...
Antara/Galih Pradipta.

Era Jokowi Dinilai Beri Banyak Ruang bagi Pengusaha Milenial

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 17 Mei 2022, 10:55 WIB
Di sisi lain, era digital juga semakin membuka ruang bagi pengusaha muda untuk mengakses dukungan teknologi dalam menjalankan...
MI/Gabriel langga

Pelaku Usaha Nilai Sektor Riil di NTT Belum Digarap Serius

👤Gabriel Langga 🕔Selasa 17 Mei 2022, 10:35 WIB
KALAU NTT mau keluar dari kemiskinan itu wajib punya sektor riil minimal 50 persen.  Hanya dengan sektor riil maka NTT bisa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya