Rabu 15 Juli 2020, 09:20 WIB

APD Petugas Pilkada Siap Didistribusikan

Denny Susanto | Nusantara
APD Petugas Pilkada Siap Didistribusikan

MI/Denny Susanto
Ketua KPUD Kalimantan Selatan, Sarmuji

 

GUGUS Tugas Percepatan Penanganan Virus Korona Kalimantan Selatan memberikan bantuan hibah alat pelindung diri (APD) buat petugas penyelenggara pilkada kepada Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kalsel. Petugas pilkada di lapangan dinilai rentan terpapar virus korona (covid -19).

"Bantuan APD untuk petugas pilkada sudah tiba dan siap kami distribusikan ke kabupaten/kota. APD ini merupakan hibah dari Pemprov atau gugus tugas," tutur Ketua KPUD Kalsel, Sarmuji, Rabu (15/7). 

Menurut Sarmuji para petugas lapangan yang bekerja di tengah pandemi virus korona rentan terjangkit.Bantuan APD ini merupakan tahap pertama dari dua tahap yang direncanakan. Ada 10 jenis APD dan alat kesehatan berupa thermo gun, masker kain, sarung tangan plastik, pelindung wajah (face shield), hand sanitizer, alat semprot, cairan disinfektan serta plastik pembungkus. 

"APD ini sudah sesuai standar protokol kesehatan atau standar penanganan covid-19," ujarnya.

Lebih jauh dikatakan Sarmuji bantuan APD ini akan didistribusikan kepada enam  KPU kabupaten/kota yang tidak menyelenggarakan pilkada. Sedangkan, untuk tujuh KPU kabupaten/kota yang menyelenggarakan pilkada telah disiapkan masing-masing daerah. Sementara untuk gelaran pilkada dihelat di 7 kabupaten dan kota.

Yakni, Kota Banjarmasin dan Banjarbaru, kemudian Kabupaten Banjar, Hulu Sungai Tengah (HST), Balangan, Tanah Bumbu dan Kotabaru. Sejauh ini pilkada serentak di Kalsel sudah memasuki tahapan verifikasi faktual bakal calon perseorangan di kabupaten/kota terutama pleno di tingkat kecamatan.

baca juga: Petahana Balikpapan Dapat Dukungan 4 Parpol

Penyelenggaraan pilkada serentak di tengah pandemi covid ini sebelumnya mendapat pertentangan sejumlah pihak. Bahkan bakal calon peserta pilkada memilih mundur. Seperti yang dilakukan Aditya Mufti Ariffin, salah satu bakal calon Wali Kota Banjarbaru serta Firdaus bakal calon Wakil Wali Kota Banjarmasin dari jalur non parpol. (OL-3)

Baca Juga

ANTARA

Keterisian Ruangan Isolasi Covid-19 di Riau Rata-rata 30%

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Minggu 24 Januari 2021, 07:52 WIB
Hingga Jumat (22/1) malam terdapat penambahan 122 kasus terkonfirmasi...
123.rtf

Gubsu Minta Kawasan Danau Toba Ramai Ditanam Macadamia

👤Yoseph Pencawan 🕔Minggu 24 Januari 2021, 07:44 WIB
Selain untuk penghijauan dan menjaga degradasi lahan, tanaman Macadamia juga, kata Edy, memiliki nilai ekonomis yang tinggi sehingga bisa...
MI/Tosiani

Pengembangan Kaldera Toba, Warga Jangan Cuma Dijadikan Penonton

👤Yoseph Pencawan 🕔Minggu 24 Januari 2021, 07:33 WIB
Masyarakat, menurut Gubsu, harus banyak dilibatkan dalam pengembangan tersebut. Yakni dengan mengajak, menggandeng dan menjadikan mereka...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya