Senin 29 Juni 2020, 16:10 WIB

Karhutla Landa Lahan Gambut Pelalawan

Rudi Kurniawansyah | Nusantara
Karhutla Landa Lahan Gambut Pelalawan

MI/Rudi Kurniawansyah
Karhutla) mulai melanda kawasan gambut di sekitar dua Kecamatan yaitu Bandar Petalangan dan Bunut, Kabupaten Pelalawan, Riau,

 

Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) mulai melanda kawasan gambut di sekitar Kecamatan  Bandar Petalangan dan Bunut, Kabupaten Pelalawan, Riau, kemarin (29/6). Kebakaran terjadi seiring dengan meningkatnya titik panas di Pelalawan  Tercatat ada 26 titik api atau sebanyak 41 titik panas untuk Riau.

"Secara keseluruhan untuk titik api di TKP (tempat kejadian perkara) karhutla Bandar Petalangan dan Bunut, Kabupaten Pelalawan sudah berhasil dipadamkan. Untuk penyebab terjadinya kebakaran masih dalam proses lidik (penyelidikan) oleh Polsek Bunut dan Sat Reskrim Polres Pelalawan, serta memasang plang dan police line di TKP terjadinya Karhutla," kata Kepala Bidang Humas Polda Riau Komisaris Besar (Kombes) Sunarto di Pekanbaru, Senin (29/6).

Baca juga: 34 Penghuni Panti Jompo di Rembang Terpapar Covid-19

Menurut Sunarto, pada saat api berkobar, petugas kepolisian sudah sampai ke TKP. Namun polisi masih menyelidiki siapa pemilik lahan, luas yang terbakar, dan penyebab dari karhutla.

"Saya sangat menghargai upaya yang dilakukan semua petugas yang sudah berjibaku memadamkan di lapangan. Semoga Tuhan mencatat kebaikan mereka. Saat muncul api, anggota ke TKP. Karhutla diduga terjadi karena kondisi alam atau cuaca," jelasnya.

Sementara berdasarkan pantauan satelit terra dan aqua yang dilansir Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru pada pukul 06.00 WIB, Senin (29/6), terpantau sebanyak 127 titik panas di Sumatra.

Ratusan titik panas tersebar di 10 provinsi, yaitu Aceh 2 titik, Sumatra Utara 33 titik, Sumatra Barat 4 titik, Jambi 5 titik, dan Bengkulu 5 titik. Selain itu, Sumatra Selatan 19 titik, Bangka Belitung 8 titik, Kepulauan Riau 2 titik, Lampung 8 titik, dan Riau 41 titik.

Adapun 41 titik panas di Riau. Rinciannya di Pelalawan sebanyak 26 titik, Dumai 2 titik, Kampar 7 titik, Siak sebanyak 4 titik, Kuantan Singingi dan Indragiri Hilir dengan masing-masing sebanyak 1 titik panas. (OL-14)

 

 

Baca Juga

MI/CRI CANON RIA DEWI

Sinergi BUMN dan BUM-Des Percepat Pemulihan Ekonomi di Lampung

👤Cri Canon Ria Dewi 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 21:10 WIB
Pemprov Lampung terus membuat terobosan baru berupa program-program unggulan yang bersinergi dengan BUM-Des dan Desa...
MI/YOSE HENDRA

PT Pangansari Utama Saling Sinergi Kembangkan Nasi Padang Instan

👤Yose Hendra 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 21:08 WIB
Kepala Dinas Pangan Provinsi Sumatra Barat Efendi melihat peluncuran Nasi Padang Instan merupakan wujud implementasi masa depan pangan...
MI/WIBOWO SANGKALA

Gubernur Wahidin Halim Banggakan Jalan Mulus yang Dulu Rusak Parah

👤Wibowo Sangkala 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 20:55 WIB
Jalan-jalan rusak di Kabupaten Pandeglang sudah disentuh dana Pemprov Banten, diperbaiki, dan kini jadi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Risma Marah dan Gaya Kepemimpinan Lokal

ika melihat cara Risma marah di Gorontalo, hal itu tidak terlalu pas dengan norma, etika, dan kebiasaan di masyarakat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya