Selasa 02 Juni 2020, 18:00 WIB

New Normal: Pariwisata di Jawa Barat Belum Siap Dibuka untuk Umum

Bayu Anggoro | Nusantara
New Normal: Pariwisata di Jawa Barat Belum Siap Dibuka untuk Umum

MI/Depi Gunawan
Salah satu obyek wisata di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

 

PEMERINTAH Provinsi Jawa Barat belum membuka operasional tempat wisata, meski Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) sudah mengumumkan adanya 15 kabupaten/ kota di wilayahnya yang bisa memulai pola hidup normal baru (new normal).

Menurut Ketua Divisi Pengamanan dan Penanganan Gugus Tugas Covid-19 Jawa Barat Dedi Sopandi, pihaknya masih akan mengkaji apakah kawasan wisata sudah bisa dibuka atau belum. "Kita belum putuskan pembukaan," kata Dedi di Bandung, Selasa (2/6).

Dalam pekan ini, pihaknya akan mengirim tim untuk memantau setiap destinasi wisata seperti Pangandaran, Pelabuhan Ratu, Puncak, dan Sariater.

Baca Juga: Kepariwisataan DIY Bersiap Menuju New Normal

Kajian dilakukan terhadap berbagai aspek terutama menyangkut laju penyebaran covid-19 di lokasi wisata tersebut. Nantinya, pantauan ini akan menjadi dasar untuk memutuskan apakah kawasan wisata sudah bisa dibuka atau belum.

Saat mengumumkan adanya 15 kabupaten/kota yang sudah bisa menjalani pola hidup normal baru (new normal) pada 29 Mei kemarin, Emil menyebut tempat wisata di kabupaten/kota tersebut sudah bisa dibuka. Namun, pengunjung yang diizinkan hanya sendiri, sehingga untuk wisatawan yang rombongan atau sekeluarga belum dibolehkan.

"Untuk wisatawan individual boleh. Untuk wisata yang (pengunjungnya) sekeluarga, belum boleh," katanya seraya menyebut pihaknya akan mengirimkan petugas kesehatan ke lokasi-lokasi tersebut untuk melakukan tes covid-19. (OL-13)

Baca Juga: Lebaran Topat Lokasi Wisata Lombok Barat Sepi

Baca Juga: New Normal Diyakini Bisa Datangkan lagi Wisatawan

 

Baca Juga

MI/HO

Dirkrimsus Polda Kaltara Apresiasi Vonis Briptu Hasbudi

👤Mediaindonesia..com 🕔Selasa 04 Oktober 2022, 13:57 WIB
Briptu Hasbudi divonis tiga tahun penjara dan denda sebesar Rp2 miliar subsider 6 bulan kurungan oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN)...
MI/Mota

Perajin Tahu di Bandung Keluhkan Kenaikan Harga Kedelai

👤Naviandri 🕔Selasa 04 Oktober 2022, 13:55 WIB
PERAJIN tahu yang ada di Kota Bandung Jawa Barat (Jabar), mengeluhkan naiknya harga kacang kedelai. Kenaikan bahan pokok utama untuk...
dok.ist

DPRD Keerom: Pembiaran Kasus Korupsi di Papua Pengaruhi Proses Pembinaan Politik

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 04 Oktober 2022, 13:20 WIB
KETUA Komisi C DPRD Keerom Bonefasius A. Muenda mengatakan, keresahan masyarakat yang terjadi hari ini erat kaitannya dengan keresahan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya