Jumat 10 Mei 2019, 12:15 WIB

Ini Penjelasan Kemendagri Soal Tersangka Masih Jadi Kepala Daerah

Kristiadi | Nusantara
Ini Penjelasan Kemendagri Soal Tersangka Masih Jadi Kepala Daerah

MI/ROMMY PUJIANTO
Plt ditjen Otda Kemendagri Akmal Malik

 

PELAKSANA tugas Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Akmal Malik angkat suara terkait status Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman sebagai tersangka namun belum ditahan KPK dan masih menjabat sebagai kepala daerah.

Akmal menyebut dalam perspektif hukum, selama belum bisa dinyatakan bersalah, kepala daerah masih diperkenankan menduduki jabatannya. Apalagi, para penyidik KPK belum melakukan penahanan.

"Memang dari sisi etika kurang elok, tapi dari perspektif hukum itu dibolehkan. Kami meminta agar semua pihak menghormati proses hukum yang sedang berjalan. Selama jalannya pemerintahan daerah tidak terganggu, ya tak masalah, meski tidak baik secara etika," kata Akmal melalui pesan whatsapp, Kamis (9/5) malam.

Sementara, mantan Dirjen Otda Kemendagri Sumarsono mengatakan seorang kepala daerah yang berstatus tersangka dan tidak ditahan masih bisa menjabat sampai menunggu keputusan resmi ditahan.

Baca juga: KPK Panggil Wali Kota Tasikmalaya

Setelah ditahan, tentu yang bersangkutan harus dinonaktifkan. Sumarsono menambahkan, kepala daerah berstatus tersangka pun masih bisa melantik pejabat jika terjadi perombakan.

"Kepala daerah berstatus tersangka tentu kurang etis saja jika dirinya melantik pejabat. Bayangkan, beliau yang memimpin pengambilan sumpah tidak menerima sesuatu berupa suap atau korupsi, berstatus tersangka korupsi," tuturnya.

Sebelumnya, Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman diperiksa di Gedung Merah Putih mulai pukul 10.00 WIB hingga 17.00 WIB, Kamis (9/5). Budi dicecar 20 pertanyaan dari penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Setelah selesai, Budi masih bisa kembali ke rumah meski berstatus tersangka.(OL-5)

 

Baca Juga

DOK/IBIS BANDUNG TRANS STUDIO

Ibis Music, Cara Hotel Ibis Mendukung Kebangkitan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

👤Media Indonesia 🕔Minggu 26 Juni 2022, 21:15 WIB
Pertunjukan diselenggarakan Sabtu (25/6) di Ibis Bandung Trans...
DOK MI

Bea Cukai Bengkulu Sita Ratusan Ribu Batang Rokok Ilegal

👤Marliansyah 🕔Minggu 26 Juni 2022, 20:43 WIB
KANTOR Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Provinsi Bengkulu, menyita sedikitnya 259 ribu batang rokok ilegal berbagai...
DOK MI

Jelang Idul Adha, Jabar Kerahkan Tim Pemeriksa Kesehatan Hewan Kurban

👤Navindri 🕔Minggu 26 Juni 2022, 20:29 WIB
PEMPROV Jawa Barat (Jabar) mengerahkan 1.784 Tim Pemeriksa Kesehatan Hewan Kurban (TPKHK) jelang Idul Adha...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya