Rabu 27 Februari 2019, 14:05 WIB

KPU Cimahi Tinggal Tunggu Surat Suara Pilpres dan DPD

Depi Gunawan | Nusantara
KPU Cimahi Tinggal Tunggu Surat Suara Pilpres dan DPD

Ist

 

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi sudah menerima kiriman surat suara untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Namun, KPU baru terima surat suara untuk pemilihan legislatif (Pileg) sementara untuk Pilpres rencananya baru dikirim pertengahan Maret mendatang.

Ketua KPU Kota Cimahi, Mochamad Irman, menuturkan, surat suara Pileg diterima pada hari Selasa (26/2) sekitar jam 10.00 WIB diangkut oleh delapan mobil truk. Kini, surat suara tersebut sudah tersimpan aman di Gedung LKMD, Kelurahan Padasuka, Kecamatan Cimahi Tengah.

"Kami baru terima surat suara untuk pemilihan DPR RI, DPRD provinsi dan kota. Surat suara ini dikirim dari percetakan di Rancaekek, Kabupaten Sumedang," terang Irman, (27/2).

Menurut informasi awal, dia menuturkan, jutaan lembar surat suara ini rencananya baru akan dikirim pada 15 Maret mendatang, namun pengirimannya ternyata dipercepat lebih awal.

"Kami tidak mengetahui alasan percepatan pengiriman ini, soalnya enggak ada pemberitahuan awal. Kalau melihat tahapan percetakan, memang tanggal 25 Februari itu baru selesai," bebernya.

Baca juga: KPU Majalengka masih Kekurangan Kotak Suara

Adapun surat suara yang diterima di antaranya surat suara Pileg tingkat DPR RI sebanyak 387.898 lembar, DPRD Provinsi 387.898 lembar serta surat suara Pileg DPRD kota sebanyak 393.901 lembar. Jumlah tersebut sudah termasuk tambahan dua persen surat suara cadangan.

Khusus surat suara DPRD Kota Cimahi ada tambahan 1.000 lembar setiap Daerah Pilihan (Dapil). Sebab, jumlah kebutuhan enam untuk enam Dapil di Cimahi itu berbeda-beda. 

"Ada tambahannya seribu surat suara per Dapil untuk DPRD kabupaten/kota," ujar Irman.

Untuk pengiriman surat suara Pilpres dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Irman menyampaikan, rencananya baru dikirim antara tanggal 15-16 Maret mendatang. 

"Surat suara yang belum masuk tinggal untuk Pilpres dan DPD, kemungkinan baru dikirim pada pertengahan Maret mendatang," jelasnya. (OL-3)

Baca Juga

Dok. Ini Viie Hospitality

Aksari Villa Tawarkan Liburan Romantis di Seminyak

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 Mei 2022, 23:55 WIB
Mengusung Perfect Romantic Stay dengan tawaran villa satu kamar yang sudah dilengkapi kolam renag privat dan...
Dok. Pribadi

Pansus DPRD Dogiyai Bawa Aspirasi Rakyat Papua ke Jakarta, Salah Satunya Menolak Pemekaran Provinsi

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Selasa 24 Mei 2022, 23:30 WIB
"Selama ini banyak aksi demo di masyarakat tentu kami tampung dan muaranya pada tiga hal pokok itu. Masyarakat tolak kebijakan Otsus...
MI/DEPI GUNAWAN

Partai Gelora Libatkan Deddy Mizwar Kampanye di Jawa Barat

👤Bayu Anggoro 🕔Selasa 24 Mei 2022, 22:50 WIB
Setelah verrikasi parpol faktual selesai, Partai Gelora khususnya di Jawa Barat akan langsung turun ke...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya