Kamis 30 Maret 2023, 13:53 WIB

Jaksa Anggap Teddy Berbelit-belit Selama Persidangan

Khoerun Nadif Rahmat | Megapolitan
Jaksa Anggap Teddy Berbelit-belit Selama Persidangan

MI/Susanto
Terdakwa kasus peredaran narkotika jenis sabu, Irjen Teddy Minahasa Putra

 

JAKSA Penuntut Umum (JPU) telah membacakan tuntutan terhadap terdakwa kasus peredaran narkoba jenis sabu, Teddy Minahasa Putra dengan tuntutan hukuman penjara. Adapun hal yang memberatkan dalam penyusunan tuntutan oleh Jaksa untuk Teddy ialah, terdakwa dianggap telah menikmati keuntungan dari hasil penjualan narkotika jenis sabu. Jaksa juga menyebutkan Teddy sempat berbelit-belit saat memberikan keterangan selama persidangan.

Jaksa juga menilai terdakwa merupakan Anggota Kepolisan Republik Indonesia dengan jabatan Kapolda Sumatera Barat seharusnya menjadi garda terdepan dalam memberantas peredaran gelap narkotika.

"Namun terdakwa justru melibatkan dirinya dan anak buahnya dengan memanfaatkan jabatannya dalam peredaran gelap narkotika sehingga sangat kontradiksi dengan tugas dan tanggung sebagai Kapolda dan tidak mencerminkan sebagai seorang aparat penegak hukum yang baik dan mengayomi masyarakat," kata Jaksa, dalam sidang di Pengadilan Jakarta Barat, Kamis, (30/3).

Baca juga: Teddy Minahasa Dituntut Pidana Mati oleh JPU

Teddy, kata Jaksa, juga dinilai telah merusak kepercayaan publik dan mencoreng nama baik Institusi Kepolisian Negara Republik Indonesia.

"Terdakwa tidak mengakui perbuatannya. Terdakwa menyangkal dari perbuatannya dan berbelit-belit dalam memberikan," sebut Jaksa.

Lebih lanjut, Jaksa juga menyatakan bahwa tidak ada hal yang meringankan bagi Teddy dalam tuntutannya. Oleh karena itu, Jaksa pun menuntut Teddy dengan tuntutan hukuman pidana mati atas kasus peredaran narkoba jenis sabu.

Baca juga: Kasus Narkoba Irjen Teddy, AKBP Dody Dituntut 20 Tahun Penjara Denda Rp20 Miliar

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Teddy Minahasa Putra bin H Abu Bakar dengan pidana Pidana Mati dengan perintah Terdakwa tetap ditahan," kata Jaksa.

Diketahui, Irjen Teddy Minahasa didakwa menawarkan, membeli, menjual dan menjadi perantara narkotika jenis sabu.

Selain Teddy, Polda Metro Jaya menetapkan 10 orang lainnya sebagai tersangka, yakni Hendra, Aril Firmansyah, Aipda Achmad Darmawan, Mai Siska, Kompol Kasranto, Aiptu Janto Situmorang, Linda Pudjiastuti, Syamsul Ma'arif, Muhamad Nasir, dan AKBP Dody Prawiranegara.

Teddy dan para tersangka dijerat Pasal 114 Ayat 2 subsider Pasal 112 Ayat 2, juncto Pasal 132 Ayat 1, juncto Pasal 55 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

(Z-9)


 

Baca Juga

Dok. Srikandi Ganjar

Srikandi Ganjar Gelar Pelatihan Literasi Gen Z dan Milenial di Tangsel

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Selasa 26 September 2023, 23:23 WIB
Korda Srikandi Ganjar Tangsel Restiana Mustika mengatakan, pelatihan ini diadakan untuk meningkatkan kemampuan literasi generasi z dan...
MI

Hasil Autopsi Anak Perwira TNI: Tewas karena Dibacok dan Dibakar

👤Khoerun Nadif Hidayat 🕔Selasa 26 September 2023, 21:48 WIB
KEPALA Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Hariyanto, mengatakan terdapat luka bacokan di bagian dada pada jasad anak perwira menengah TNI AU...
DOK Penrem 061/SK

Korem 061/SK Gelar Bakti Sosial Kesehatan Di RS Salak

👤Widhoroso 🕔Selasa 26 September 2023, 20:41 WIB
KOREM 061/Surya Kencana (SK), Bogor, Jawa Barat menggelar bakti sosial kesehatan di RS Salak, Bogor, Selasa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

MI TV

Selengkapnya

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya