Rabu 11 Januari 2023, 21:14 WIB

Dishub DKI Fokus Penyelesaian Regulasi Jalan Berbayar Elektronik

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Dishub DKI Fokus Penyelesaian Regulasi Jalan Berbayar Elektronik

MI/Susanto
Perangkat kamera electronic road pricing (ERP) terpasang di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat.

 

PEMPROV DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan DKI Jakarta memberi penjelasan terkait rencana Penerapan Pengendalian Lalu Lintas Secara Elektronik (PL2SE) atau jalan berbayar elektronik (electronic road pricing/ERP) di Wilayah DKI Jakarta yang saat ini masih fokus pada penyelesaian regulasi.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo mengatakan, pembahasan regulasi dalam bentuk Peraturan Daerah mengenai Pengendalian Lalu Lintas Secara Elektronik (PL2SE) saat ini masih dalam tahap pembahasan bersama DPRD DKI Jakarta. Adapun Raperda Pengendalian Lalu Lintas Secara Elektronik (PL2SE) telah masuk dalam Program Pembentukan Peraturan Daerah Tahun 2022 dan Tahun 2023.

"Perda kebijakan PL2SE atau ERP ini masih dibahas bersama DPRD. Setelah legal aspeknya selesai barulah PLL2SE ini bisa diterapkan," ujar Syafrin dalam keterangan resmi, Rabu (11/1).

Ketentuan mengenai tarif, ruas jalan, jenis kendaraan, dan lain-lain merupakan substansi yang masuk dalam pasal demi pasal raperda yang terus dibahas oleh Bapemperda sebelum nantinya ditetapkan sebagai peraturan daerah.

Selain itu, Syafrin menjelaskan, pembahasan kebijakan PL2SE pada tahun 2022 telah dilakukan pembahasan bersama Bapemperda (Badan Pembentukan Peraturan Daerah) DPRD Provinsi DKI Jakarta dalam bentuk dengan pendapat dari stakeholder dan masyarakat.

"Dalam Raperda PL2SE ini, nantinya tidak hanya mengatur mengenai penerapan ERP saja, tetapi juga diharapkan dapat mengatur pengendalian lalu lintas dan angkutan umum di DKI Jakarta secara elektronik," tandasnya

Kebijakan ini dihadirkan sebagai salah satu upaya untuk mengurai kemacetan di ibu kota dalam bentuk 'push strategy' yaitu strategi mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

Dishub DKI mengusulkan soal besaran tarif kisaran antara Rp5 ribu hingga Rp19 ribu, menyesuaikan kategori dan jenis kendaraan. ERP merupakan sebuah sistem yang mewajibkan para pengendara motor atau mobil untuk bayar jika melintasi jalur tersebut. Dalam raperda itu, waktu pelaksanaan ERP dirancang setiap hari pada pukul 05.00 WIB-22.00 WIB. Terdapat 25 jalan yang akan diberlakukan sistem ERP. (J-2)

Baca Juga

Antara

101 Kasus Covid-19 Terdeteksi di DKI Jakarta Hari Ini

👤MGN 🕔Kamis 02 Februari 2023, 23:28 WIB
Sebanyak 101 kasus dari 248 kasus covid-19 nasional ditemukan di Provinsi DKI Jakarta pada Kamis, 2 Februari...
MI/Selamat Saragih

Operasional Penuh Hari Pertama, PAM JAYA Jamin Pelayanan Lebih Baik

👤Selamat Saragih 🕔Kamis 02 Februari 2023, 21:36 WIB
PAM JAYA menjamin pelayanan air bersih untuk konsumen warga Jakarta lebih baik dibanding...
DOK.MI

Polresta Bandara Gagalkan Peredaran Ganja Sintetis

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Februari 2023, 21:26 WIB
Ke-10 tersangka yang ditangkap mengaku mendapat narkotika jenis ganja sintetis tersebut dari Jakarta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya