Jumat 18 November 2022, 10:07 WIB

Banyak Pesepeda di Luar Jalur Sepeda, Ini Kata Dishub DKI

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Banyak Pesepeda di Luar Jalur Sepeda, Ini Kata Dishub DKI

MI/RAMDANI
Sejumlah pembatas dipasang sejauh 8,75 km =di kawasan Pejompongan, Jakarta untuk membentuk jalur sepeda.

 

KEPALA Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo angkat bicara soal kecelakaan saat pengendara roda empat menabrak pesepeda di perempatan Harmoni, Jakarta Pusat. Kecelakaan itu terjadi pada Sabtu (5/11) lalu.

Diketahui pesepeda tersebut adalah pengendara road bike dan bersepeda dalam rombongan yang juga mendapatkan penjagaan dari voorijder. Namun, iring-iringan pesepeda itu bersepeda di luar jalur sepeda.

Syafrin mengimbau agar para pesepeda berjalan di jalur sepeda yang sudah disediakan. Penyediaan jalur sepeda ditujukan agar para pesepeda dapat melakukan aktivitas bersepeda dengan nyaman dan aman.

Baca juga: Anies Targetkan Jakarta Miliki 535 km Jalur Sepeda pada Tahun 2026

"Tentu kami mengimbau, khususnya para penggiat sepeda road bike, agar saat ada jalur sepeda agar tetap menggunakan jalur sepeda," ungkapnya di Balai Kota, Jumat (18/11).

Ia pun memahami alasan para pengendara Road Bike menggunakan jalur campuran karena harus memacu sepedanya dengan laju yang cepat. Jika bersepeda di jalur sepeda, hal itu tidak bisa didapatkan

"Kami menyesuaikan tentunya dengan prinsip bahwa sesuai dengan regulasi yang ada, tetap keselamatan itu menjadi utama dan memperhatikan kondisi lalu lintas di jalan. Kami mengimbau para pesepeda untuk tidak menggunakan jalur lalin tengah ataupun paling kanan karena itu tidak disarankan. Tentu silakan gunakan lajur paling kiri. Jika di sana tersedia jalur sepeda maka silakan gunakan jalur sepeda karena memang itu menjadi jalur yang disiapkan untuk para pesepeda," tegasnya.

Sebelumnya, pada 5 November lalu, seorang pesepeda Road Bike ditabrak mobil saat melaju menyeberang di lampu merah Harmoni. Posisinya saat itu iring-iringan sepeda road bike menerobos lampu merah atas penjagaan voorijder. 

Korban tabrakan sempat terpental namun hanya mengalami luka ringan. Kejadian ini berujung damai dan tidak ada tuntutan dari korban. (OL-1)

Baca Juga

dok.ist

Sahabat Sandi Kabupaten Tangerang Gelar Pasar Murah untuk Nelayan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 07:52 WIB
RATUSAN voucher paket sembako murah digelontorkan kepada nelayan dan masyarakat sekitar oleh Sahabat Sandi Kabupaten Tangerang di Desa...
ANTARA/Aditya Pradana Putra

Tiang Pantograf Roboh Timpa KRL hingga Anjlok di Kampung Bandan

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 26 November 2022, 20:10 WIB
Hujan deras yang mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya Sabtu (26/11) siang hingga sore ini membuat sebuah tiang pantograf roboh menimpa...
DOK.MI

Belasan Kontrakan Luluh Lantak Dihantam Puting Beliung di Jelambar

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 26 November 2022, 19:55 WIB
Hingga kini, tercatat 26 kepala keluarga (KK) atau 68 jiwa yang kehilangan tempat tinggal akibat kejadian...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya