Sabtu 12 November 2022, 13:20 WIB

Polda Metro Tunggu Hibah 30 E-TLE Mobile dari Pemprov DKI

Rahmatul Fajri | Megapolitan
Polda Metro Tunggu Hibah 30 E-TLE Mobile dari Pemprov DKI

ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Kendaraan melintas di bawah kamera pengawas atau Closed Circuit Television (CCTV) yang terpasang di jalur bus transjakarta.

 

POLDA Metro Jaya menunggu realisasi hibah 30 unit kamera Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) yang telah diajukan kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Kepala Seksi Kecelakaan Lalu Lintas Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Edi Purwanto mengatakan, 30 unit E-TLE Mobile itu sudah masuk ke dalam tahap pengajuan. Polda Metro Jaya berharap Pemprov DKI Jakarta menyanggupi pengadaan E-TLE mobile tersebut.

Pengajuan E-TLE mobile tersebut dilakukan untuk menerapkan tilang elektronik secara menyeluruh, sekaligus meniadakan tilang manual terhadap pengendara yang melanggar aturan.

Dengan E-TLE mobile, tilang secara elektronik bisa dilakukan dan menjangkau titik-titik yang belum terjangkau E-TLE Statis.

"Untuk 30 E-TLE Mobile ini kami sudah berkoordinasi. Saat ini sedang tahap pengajuan, mudah-mudahan pihak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyanggupi," kata Edi, di Jakarta, Sabtu (12/11).

Sebelumnya, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman mengatakan pihaknya telah menarik seluruh surat tilang yang dimiliki seluruh anggota polisi lalu lintas.

Baca juga: Polda Metro Jaya Akan Tambah 70 Kamera ETLE Statis Pada 2023

Hal tersebut dilakukan sesuai dengan instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo soal larangan penindakan tilang manual terhadap pengendara yang melanggar aturan lalu lintas.

"Dengan arahan Pak Kapolri, penilangan tidak boleh manual. Kami secara keseluruhan di Jakarta ini untuk surat tilang sudah kami tarik dari seluruh anggota," ujar Latif.

Latif mengatakan ke depannya Polda Metro Jaya bakal mengendepankan tilang elektronik dalam menindak pelanggar lalu lintas. Dalam pelaksanaannya, Polda Metro Jaya akan memaksimalkan kamera E-TLE statis yang sudah terpasang di 57 titik di Jakarta untuk memantau dan menindak pelanggaran lalu lintas.

Sedangkan untuk Polres di wilayah hukum Polda Metro Jaya akan disediakan satu unit Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) Mobile. E-TLE mobile tersebut akan berpatroli dan merekam para pengendara yang melanggar aturan. Adapun E-TLE Mobile untuk di setiap Polres akan diluncurkan pada 6 Desember 2022 bersamaan dengan HUT Polda Metr Jaya.

"Saat ini E-TLE statis di Jakarta ada 57 titik. Jadi nanti dalam waktu dekat kami sudah akan mengadakan pengadaan E-TLE mobile. Jadi masing-masing Polres di tempatkan 1 E-TLE mobile," kata Latif.

Latif mengatakan setiap pelanggaran baik yang dilakukan pengendara roda dua atau lebih bakal teridentifikasi oleh kamera E-TLE. Jika terbukti melanggar, petugas akan langsung mencetak surat tilang dan dikirimkan ke alamat pelanggar melalui kantor pos.

"Jadi dengan adanya E-TLE mobile ini sudah tidak ada penilangan manual seterusnya. Itu sudah kami laksanakan. Kami sudah siap untuk melaksanakan perintah Bapak Kapolri," katanya.(OL-4)

Baca Juga

ANTARA

4 RT Wilayah Jakarta Utara Terendam Banjir Rob

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Selasa 06 Desember 2022, 12:19 WIB
Isnawa menginformasikan bahwa tidak ada masyarakat atau korban banjir yang...
Ist

Parade Santa Clause Semarakkan 'A Very Vintage Christmas' di Lippo Malls

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 06 Desember 2022, 11:45 WIB
Sambut Natal tahun ini, Lippo Malls menyiapkan beragam aktivitas seru di seluruh mal yang dikelola oleh Lippo Malls dimulai pada awal...
Antara

Kebutuhan Pangan DKI Naik 12 Persen Jelang Nataru

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 06 Desember 2022, 11:22 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama jajarannya meninjau Pasar Induk Kramat Jati, di Jakarta Timur pada Selasa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya