Jumat 11 November 2022, 14:39 WIB

Kronologi Penemuan Mayat Satu Keluarga yang Diduga Mati Kelaparan

Rahmatul Fajri | Megapolitan
Kronologi Penemuan Mayat Satu Keluarga yang Diduga Mati Kelaparan

Dok.MI
Ilustrasi

 

SATU keluarga ditemukan tewas di sebuah rumah di Perumahan Citra Garden, Jakarta Barat pada Kamis (10/11). Satu keluarga tersebut terdiri dari ayah berinisial RY (71), ibu berinisial RN (68), anak perempuan berinisial DF (42), dan paman atau adik dari RY berinisial DG (69).

Kapolres Jakarta Barat Kombes Pasma menjelaskan kronologi ditemukannya mayat satu keluarga tersebut. Ia mengatakan bau tak sedap pertama kali tercium oleh petugas PLN yang hendak memutuskan instalasi listrik pada Kamis (10/11) pukul 18:00 WIB.

Namun, setelah sampai di rumah tersebut petugas PLN mencium bau yang menyengat. Kemudian petugas PLN menghubungi Ketua RT setempat yang bernama Asiung.

"Warga sekitar, pak RT mencium bau, sehingga timbul kecurigaan dan memanggil pihak kepolisian dan secara bersama-sama membuka rumah," kata Pasma Royce di Mapolres Metro Jakarta Barat, Jumat (11/11).

Seusai mendobrak pintu yang terkunci, petugas menemukan empat mayat terdiri dari dua pria dan dua wanita. Empat mayat ditemukan di dalam rumah dengan tempat yang berbeda-beda.

"Dua laki-laki dan dua perempuan yang berbeda-beda posisinya, ada yang di belakang, ada di kamar tengah, dan ada di ruang tamu," kata Pasma.

Keempat jenazah korban kemudian dibawa ke RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur untuk diautopsi.

Pasma mengatakan berdasarkan hasil pemeriksaan forensik sementara, tidak ada kekerasan di tubuh korban. Diduga korban meninggal dunia karena kelaparan atau dehidrasi.

"Hasil forensik sementara, otot-ototnya mengecil tanda tidak pernah minum. Di lambungnya juga tidak ada makanan. Jadi, mereka mati kelaparan atau dehidrasi," kata Pasma.

Baca juga: Ini Langkah Jakarta Mengantisipasi Cuaca Ekstrem

Pasma menjelaskan berdasarkan kondisi mayat, yang pertama meninggal dunia adalah ayah, paman, ibu, dan terakhir anak perempuan.

Sementara itu, Kapolsek Kalideres AKP Syafri Wasdar menjelaskan jasad keempat korban didapati dengan kondisi sudah membusuk.

"Berdasarkan keterangan dokter forensik ini jasad sudah lima hari di rumah itu," kata Syafri.

Lebih lanjut, Syafri mengatakan kepolisian telah meminta keterangan keluarga korban. Berdasarkan keterangan salah satu keluarga korban, terakhir kali ia berkomunikasi dengan korban satu tahun yang lalu.

"Kalau terakhir bertemu itu lima tahun yang lalu. Dari keterangan adik si ibu (korban) itu juga mereka sudah lama memisahkan diri dari keluarga besar," katanya.

Sementara itu, Kasat Reskirm Polres Metro Jakarta Barat, Kompol Haris menjelaskan penyidik telah menyita sejumlah barang bukti di lokasi, antara lain, beberapa catatan, telepon genggam dan barang-barang lain.

"Ada beberapa barang bukti yang kemungkinan terkait perkara ini sudah kita bawa," ujarnya.(OL-4)

Baca Juga

dok.ist

Nelayan Pesisir Ibu Kota Kepincut Ganjar Pranowo

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 08 Desember 2022, 21:38 WIB
SEDIKITNYA 300 nelayan kecil di pesisir utara Ibu Kota DKI Jakarta melakukan deklarasi 'Ganjar Pranowo Presiden 2024' pada Kamis...
DOK MI.

Ketahuan Curi Handphone, Pelaku Rampas Sepeda Motor untuk Kabur

👤Sumantri 🕔Kamis 08 Desember 2022, 21:07 WIB
Peristiwa itu terjadi di Jalan Modern Golf Raya, Kelurahan Buaran Indah, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang,...
Antara/Aprillio Akbar.

PAM Jaya Targetkan Layani 2 Juta Pelanggan di 2030

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 08 Desember 2022, 20:59 WIB
PAM Jaya menargetkan bisa mencakup layanan pipa air bersih hingga 100% pada 2030. Ini berarti ada 2.006.167 pelanggan yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya