Senin 31 Oktober 2022, 17:22 WIB

Panitia Berdendang Bergoyang Terancam Dijerat Pasal Kelalaian

Rahmatul Fajri | Megapolitan
Panitia Berdendang Bergoyang Terancam Dijerat Pasal Kelalaian

DOK MI.
Ilustrasi.

 

POLISI masih melakukan penyelidikan dengan memeriksa sejumlah saksi terkait kasus festival musik Berdendang Bergoyang di Istora Senayan yang berujung ricuh. Jika setelah dilakukan penyelidikan ditemukan unsur pidana, polisi akan menaikkan kasus itu ke penyidikan.

Kapolres Jakarta Pusat Kombes Komarudin mengatakan event organizer atau panitia acara terancam dijerat Pasal 360 KUHP terkait kelalaian yang menyebabkan orang terluka. "Sementara lebih ke (Pasal) 360 (KUHP) ya. (Pasal) 360 itu akibat kelalaian menyebabkan orang lain luka," kata Komarudin saat dihubungi, Senin (31/10).

Komarudin mengatakan pihaknya memeriksa dua saksi terkait acara Berdendang Bergoyang itu. Dua saksi itu berinisial SA dan SH selaku manajemen event dan tim produksi. Sedangkan hari ini pihaknya mengagendakan pemeriksaan terhadap lima saksi yang merupakan bagian dari panitia acara.

"Di dalamnya rangkaian dari manajemen ya terkait kepanitian, termasuk juga bagian ticketing. Kemudian kami dalami juga masalah kesehatan, termasuk bertanggung jawab untuk petugas yang bagian cek, checker ya," katanya.

Komarudin menjelaskan pihaknya masih menggali keterangan para saksi terkait jumlah penonton yang hadir dan jumlah penonton yang tertera dalam surat permohonan izin yang diajukan kepada kepolisian dan Dinas Parekraf DKI Jakarta. "Lebih masuk lagi kepada, kenapa jumlah tiket yang dijual melebihi yang diajukan kepada kami," ucap Komarudin.

Komarudin menyebut perbedaan jumlah penonton di lokasi dengan surat izin sudah diakui oleh penyelenggara acara Berdendang Bergoyang. Dengan demikian, Komarudin menyebut kelalaian panitia Berdendang Bergoyang sudah tergambar.

"Karena di situ sudah tergambarkan yang bersangkutan (panitia Berdendang Bergoyang) abai. Dia tidak bisa mengontrol, tidak bisa mengendalikan. Apalagi kalau yang bersangkutan terbukti memerintahkan tiket di atas dari yang diajukan, itu tambah lebih salah lagi," katanya. (OL-14)

Baca Juga

MI/Adam Dwi

Polda Metro Kembali Gelar Street Race pada Januari 2023 

👤Rahmatul Fajri 🕔Jumat 02 Desember 2022, 23:24 WIB
Diketahui, Polda Metro Jaya sudah lima kali menggelar ajang balap jalanan (street race), di mana kompetisi perdana berlangsung di Ancol...

Dua Kali Beraksi, Pencuri Spesialis Rumah Kosong di Depok Ditangkap

👤Kisar Rajagukguk 🕔Jumat 02 Desember 2022, 22:03 WIB
Pelaku melancarkan aksinya seorang diri. Bahkan, dalam semalam, ia menyatroni dua rumah kosong di lokasi yang...
dok.ist

Korban Investasi Bodong PAC Sambangi Bareskrim Tanyakan Tersangka

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 02 Desember 2022, 21:27 WIB
KUASA Hukum Heber Sihombing  beserta para korban penipuan investasi dana reksa PT Pan Arcadia Capital (PAC) menyambangi Bareskrim...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya