Senin 19 September 2022, 14:21 WIB

Ini Wilayah Dengan Polusi Udara Terparah di Jakarta

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Ini Wilayah Dengan Polusi Udara Terparah di Jakarta

ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Kepadatan kendaraan yang melintas di Jalan KH Abdullah Syafei, Jakarta

 

POLUSI udara masih menjadi masalah yang belum terselesaikan di Jakarta. Menurut data Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta wilayah timur Jakarta menjadi wilayah dengan polusi udara terparah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan hal itu didasari oleh faktor banyaknya industri di wilayah tersebut.

"Jadi wilayah industri kita paling banyak di timur selain di utara. Di utara ada pelabuhan tapi kalau industrinya memang ada di timur sehingga kualitas udara di timur pada saat ini pencemarannya relatif lebih tinggi dengan kota (administrasi) lain di Jakarta," ungkap Asep di Balai Kota, Senin (19/9).

Dinas Lingkungan Hidup, lanjut Asep, terus melakukan pemantauan terhadap pencemaran udara di berbagai wilayah termasuk di wilayah timur melalui stasiun pengukuran di kawasan Lubang Buaya.

Baca juga: Pertamina Batasi Pembelian Pertalite 120 Liter/Hari di Semua SPBU

Meskipun demikian, Asep menegaskan, sumber polusi udara di timur Jakarta tak hanya berasal dari asap cerobong industri dan padatnya lalu lintas kendaraan bermotor melainkan juga dari industri yang ada di sekitar perbatasan seperti wilayah Bekasi.

Guna menekan angka polusi udara ini, Dinas Lingkungan Hidup DKI akan melakukan sejumlah langkah diantaranya menambah jumlah stasiun pengukuran untuk mendapatkan data pencemaran udara.

"Kita coba alokasikan lagi tahun depan di APBD 2023 supaya memang ada penambahan SPKU (Stasiun Pengukuran Kualitas Udara) di DKI sehingga mudah-mudahan bisa mengakurasikan kondisi riil kualitas udara di Jakarta," tandasnya. (OL-4)

Baca Juga

MI/HO

Masyarakat Jakarta Ingin Dipimpin Bahtiar

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 14:23 WIB
"Nama Pak Bahtiar unggul dari tingkat kinerja, mulai dari kapasitas dan integritas, pengalaman, antikorupsi dengan tingkat kepuasan...
MI/ Ramdani

Update 30 September 2022: DKI Jakarta Catat 734 Kasus Covid-19 Hari Ini

👤MGN 🕔Jumat 30 September 2022, 23:55 WIB
Kasus covid-19 di Indonesia bertambah 1.857 pada hari...
Dok. akun IG @lestykejora

Polisi akan Jadwalkan Pemeriksaan Rizky Billar Soal Kasus KDRT

👤Rahmatul Fajri 🕔Jumat 30 September 2022, 22:03 WIB
Namun, Polda Metro Jaya belum membeberkan lebih jauh terkait jadwal pemeriksaan Rizky Billar atas kasus dugaan KDRT yang dilaporkan sang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya