Minggu 08 Mei 2022, 11:39 WIB

Arus Balik Lebaran, 553 Bus Tiba di Terminal Jatijajar Kota Depok

Kisar Rajaguguk | Megapolitan
Arus Balik Lebaran, 553 Bus Tiba di Terminal Jatijajar Kota Depok

ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha
Terminal Jatijajar

 

HARI ke-7 setelah lebaran, warga masyarakat Kota Depok yang mudik dengan menggunakan bus telah berdatangan kembali ke Kota Depok.

Terminal Tipe A Kota Depok mencatat kurang lebih sebanyak 27.650 pemudik tiba di Terminal Tipe A Jatijajar sejak H+3 hingga H+7 Lebaran. Menariknya, data tersebut tidak 100% mencerminkan kondisi di lapangan. Hal ini dikarenakan adanya fenomena pemudik yang memilih untuk turun di lokasi sebelum terminal Jatijajar Jalan Raya Bogor, Tapos, Kota Depok.

Kepala Satuan Pelaksana Pelayanan Terminal Tipe A Jatijajar Asri Imanuel Sinuraya mengatakan, per H+3 hingga H-7 lebaran, Terminal Jatijajar telah menerima kedatangan penumpang dengan volume yang cukup tinggi.

"Untuk H+3 sampai dengan H+7, terdapat 27.650 penumpang yang datang di Terminal Jatijajar, mereka diangkut 553 bus. 1 bus membawa 50 penumpang, total penumpang 27.650," ujar Asri, Minggu (8/5).

Asri mengatakan, peningkatan kedatangan penumpang secara bertahap telah meningkat. Jumlah tersebut meningkat pada hari Sabtu (7/5). Dia menerangkan dari 27.650 penumpang tidak semua turun di terminal.

"Tak semua penumpang yang turun di terminal, banyak yang turun di lintasan dari daerah asal," ungkapnya.

Baca juga: H+4 Lebaran, 60% Pengendara belum Kembali Saat Arus Balik

Asri menjelaskan, saat ini pihaknya menempatkan sejumlah petugas di pelbagai titik di Terminal dalam mengantisipasi penumpukan penumpang. Mereka ditugaskan untuk mengarahkan penumpang yang datang agar tidak terjadi kerumunan.

"Mereka akan membantu mengarahkan penumpang yang tiba agar tidak berkerumun di satu lokasi tertentu saat menunggu penjemputan," tutur dia.

Penumpang yang balik ke Kota Depok menggunakan armada bus ini, sambung Asri, mengaku sudah dua tahun tak pulang kampung lantaran larangan mudik saat pandemi covid-19.

Berdasarkan pantauan, sebagian arus mudik merupakan pendatang baru yang dibawa keluarga. Mereka ingin mencari pekerjaan di Kota Depok.

Alimudin, warga pendatang asal Kebumen, mengaku ingin mengubah nasib di Kota Depok. Penduduk nonpermanen tersebut berencana bekerja sebagai kuli bangunan.

"Saya ke Kota Depok cari kerja jadi kuli bangunan. Biasa tiap tahun setelah lebaran ke Kota Depok. Nanti setelah proyek bangunan selesai kembali lagi ke kampung halaman bertani. Di Kota Depok sifatnya sementara saja," tuturnya.(OL-5)

Baca Juga

Antara/Nyoman Hendra Wibowo

Ini Ciri Hewan yang Terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 20 Mei 2022, 23:53 WIB
"Ciri-cirinya yang jelas jika diperiksa mulutnya itu seperti banyak sariawan atau pecah-pecah, lidahnya juga banyak...
Ilustrasi

Polisi Buru Penyebar Hoaks Perampokan Bersenpi di Jakarta Barat

👤Rahmatul Fajri 🕔Jumat 20 Mei 2022, 22:17 WIB
Syafri mengatakan pihaknya akan mengusut penyebar pesan tersebut karena telah meresahkan...
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Demo di Patung Kuda Rusuh, Kapolsek Gambir Terinjak-injak

👤Rahmatul Fajri 🕔Jumat 20 Mei 2022, 20:49 WIB
Kapolsek Gambir Kompol Rango Siregar terinjak setelah terlibat dorong-dorongan dengan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya