Minggu 17 April 2022, 12:31 WIB

Pendaftaran Mudik dan Balik Gratis DKI Dibuka, Ini Syaratnya

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Pendaftaran Mudik dan Balik Gratis DKI Dibuka, Ini Syaratnya

dok.ant
Pendaftaran mudik dan balik gratis Pemprov DKI Jakarta mulai dibuka di www.mudikgratisdkijakarta.id.

 

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan menyelenggarakan Program Mudik dan Balik Gratis Angkutan Lebaran Tahun 2022 dengan tema Mudik Aman Mudik Sehat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk seluruh warga Jakarta dengan tujuan ke 17 kota dan kabupaten di lima provinsi (Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur).

Program mudik gratis tahun 2022, mempunyai kuota sebanyak 19.680 peserta dengan maksimal pendaftaran per KK untuk 4 orang dan diperuntukan bagi warga yang memiliki KTP domisili DKI Jakarta. Pendaftaran dilakukan secara daring melalui www.mudikgratisdkijakarta.id.

Calon pemudik yang ingin mengikuti program ini diutamakan bagi mereka yang sudah menerima vaksin dosis 3 (booster), membawa sepeda motor, dan diutamakan yang akan melakukan perjalanan arus mudik serta arus balik ke DKI Jakarta.

“Keberangkatan akan dibagi menjadi 2 jenis kendaraan, keberangkatan dengan Truk untuk membawa sepeda motor pemudik di hari Selasa, 26 April 2022 yang berlokasi di Terminal Pulo Gadung dan keberangkatan dengan Bus akan dilaksanakan Rabu, 27 April 2022 yang berlokasi di Terminal Terpadu Pulo Gebang," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, dalam keterangan tertulis.

Sementara itu, untuk arus balik, pemudik akan berangkat dari kota asal menuju Terminal Pulo Gebang pada 8 Mei 2022. Untuk truk pengangkut kendaraan roda dua akan berangkat dari kota asal menuju Terminal Pulo Gebang pada 7 Mei 2022.

Program Mudik dan Balik Gratis Tahun 2022 sangat spesial dibandingkan dengan Mudik Gratis Tahun 2019. Jika pada 2019 daerah tujuan program Mudik Gratis hanya 10 Kota/Kabupaten tujuan sekarang ada 17 Kota/Kabupaten Tujuan.

"Sebelumnya hanya Pulau Jawa sekarang sampai Pulau Sumatera,” tuturnya.

Dengan adanya program mudik gratis ini diharapkan warga Jakarta dapat menjalin silaturahmi kembali dengan keluarga di kampung halaman yang sudah tertunda selama kurang lebih 2 tahun belakangan ini, dikarenakan pandemi Covid-19.

Adapun 17 Kota dan Kabupaten tujuan rute mudik gratis adalah Palembang, Lampung, Tegal, Pekalongan, Semarang, Kebumen, Cilacap, Purwokerto, Solo, Wonosobo, Yogyakarta, Sragen, Wonogiri, Madiun, Kediri, Jombang, dan Malang. (OL-13)

Baca Juga: Programkan Mudik Gratis, Pemprov DKI Sediakan 492 Unit Bus dan ...

Baca Juga

Ilustrasi

Pencuri Bobol Rumah Kosong di Jakbar Siang Hari, Korban Rugi Rp400 Juta

👤Rahmatul Fajri 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 17:30 WIB
Kapolsek Cengkareng Kompol Ardhie Demastyo mengatakan kejadian berawal saat korban bernama Desi bersama suami dan anaknya pergi...
MI/Selamat Saragih

HIPMI BPC Kepulauan Seribu, Semangat Kewirausahaan Untuk Menggali Potensi Baru

👤Selamat Saragih 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 17:22 WIB
KETUA Umum BPD HIPMI DKI Jakarta Raya (HIPMI Jaya) Sona Maesana melantik pengurus Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda...
Dok MI

Pengunjung Jakarta Fair Kemayoran Diimbau Tak Bawa Kendaraan Pribadi

👤Ficky Ramadhan 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 17:00 WIB
Diharapkan kepada masyarakat yang ingin mengunjungi JFK dapat menggunakan transportasi umum yang sudah disediakan, untuk menghindari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya