Kamis 14 April 2022, 16:04 WIB

Anies Harap Dukungan Dana Pemerintah Pusat untuk Program di Jakarta

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Anies Harap Dukungan Dana Pemerintah Pusat untuk Program di Jakarta

MI/RAMDANI
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyapa warga saat mengunjungi jembatan penyeberangan orang (JPO) Pinisi di kawasan Sudirman, Jakarta.

 

GUBERNUR DKI Jakarta, Anies Baswedan, membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Provinsi DKI Jakarta Tahun 2023 secara daring, pada Kamis (14/4).

Musrenbang kali ini juga dihadiri jajaran Kementerian/Lembaga Pemerintah Pusat, DPR dan DPD RI, DPRD DKI Jakarta, akademisi, lembaga internasional dan lain sebagainya.

Pada kesempatan tersebut, Anies menjelaskan kembali tema yang diusung dalam Musrenbang yakni ‘Akselerasi Keunggulan Jakarta untuk Mewujudkan Kota Berdaya Saing Global yang Berketahanan, Inklusif dan Berkeadilan’.

Ia menyebut, perlu adanya perencanaan pembangunan yang nantinya dapat mentransformasikan Jakarta, sehingga harus didukung oleh infrastruktur yang memadai.

“Apresiasi kepada Bapak/Ibu yang berkenan hadir untuk berkolaborasi dalam perencanaan pembangunan Jakarta,"  terang Anies dalam keterangan resmi.

"Dalam memperkuat transformasi Jakarta, perlu menata diri, melalui perencanaan pembangunan Jakarta yang diarahkan pada pembangunan infrastruktur, baik infrastruktur keras maupun infrastruktur lunak, guna mendukung Jakarta dalam memainkan peran sebagai kota global dan simpul pusat kegiatan di kawasan regional dan dunia,” jelasnya.

Baca juga: Kasus Covid-19 di Jakarta Terus Turun, Positivity Rate di Bawah 5%

Lebih lanjut, Anies menerangkan bahwa upaya perencanaan pembangunan untuk transformasi Jakarta membutuhkan kolaborasi dari berbagai pihak pemangku kepentingan Jakarta, termasuk Pemerintah Pusat. Beberapa dukungan yang dibutuhkan Jakarta dari Pemerintah Pusat, antara lain:

1) Normalisasi dan peningkatan kapasitas aliran sungai di wilayah sungai (WS) lintas provinsi, WS Ciliwung-Cisadane berupa Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung.

2) Pembangunan dan Peningkatan tanggul laut, breakwater dan bangunan pengamanan pantai lainnya di Kawasan Pesisir Utara.

3) Masterplan hulu-hilir agar pengendalian banjir dapat terintegrasi, efektif, efisien dan berkelanjutan.

4) Pembangunan SPAM Jatiluhur I dan Serpong-Karian lingkup Hilir DKI Jakarta.

5) Pembangunan Jakarta Sewerage System Pengolahan Limbah Jakarta.

6) Pembangunan Rumah Susun Sewa/Milik Sederhana untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) (diantaranya Rusun Yos Sudarso, Rusun Muara Angke, dan Rusun Cipinang Besar Selatan).

7) Pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta North - South Phase 2 (Bundaran HI - Kota - Ancol Barat).

8) Pembangunan Stasiun KRL di Kawasan Jakarta Internasional Stadium (JIS).

“Dukungan dan kolaborasi dengan Pemerintah Pusat tersebut diharapkan menjadi stimulus guna mendorong percepatan transformasi Jakarta sebagaimana yang kita cita-citakan bersama,” paparnya.

Adanya Musrenbang ini diharapkan dapat menghasilkan gagasan-gagasan yang memiliki tingkat kebermanfaatan yang tinggi bagi Jakarta dan warganya di masa yang akan datang. (Put/OL-09)

Baca Juga

MGN/Pahrul Roji

Holywings Digugat Rp100 Miliar oleh Dua Orang Bernama Muhammad

👤Pahrul Roji (MGN), Narendra Wisnu Karisma 🕔Kamis 30 Juni 2022, 19:18 WIB
"Kami meminta ganti rugi sebesar Rp 100 miliar...
Antara

Sidak ke Kepulauan Seribu, DPRD DKI Temukan Helipad Ilegal

👤Selamat Saragih 🕔Kamis 30 Juni 2022, 18:57 WIB
DPRD DKI Jakarta berencana memanggil Bupati Kepulauan Seribu terkait temuan helipad ilegal. Serta, menelusuri onkum yang bermain di...
MGN/Rizki Nur Mohamad

Wagub DKI: Covid Melonjak karena Kendurnya Prokes dan Booster belum Merata

👤Rizki Nur Mohamad (MGN), Muhardi (SB) 🕔Kamis 30 Juni 2022, 18:57 WIB
"Memang banyak pelonggaran dibuka, itu artinya potensi penyebaran semakin tinggi. Semakin longgar kita semakin hati-hati, semakin...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya