Selasa 12 April 2022, 10:44 WIB

Polisi Selidiki Pemilik Nomor Ponsel yang Diduga Lakukan Ajakan Demo ke Jakarta

Sumantri | Megapolitan
Polisi Selidiki Pemilik Nomor Ponsel yang Diduga Lakukan Ajakan Demo ke Jakarta

ANTARA/Muhammad Iqbal
Polisi mendata pelajar dan remaja yang diamankan saat akan mengikuti aksi demo ke Jakarta di Mapolres Metro Tangerang Kota.

 

POLRES Metro Tangerang Kota melakukan penyelidikan terhadap dua pemilik nomor telepon seluler (ponsel) yang diduga melakukan ajakan kepada beberapa mahasiswa/pelajar untuk mengikuti aksi unjuk rasa ke Jakarta, Senin (11/4).

"Sampai saat ini, kami masih melakukan penyelidikan. Karena dari 92 remaja yang statusnya mahasiswa dan pelajar yang kami amankan saat hendak berangkat ke Jakarta, beberapa orang dari mereka ada yang mengajak atau mengarahkan," kata Kapolres Metro Tangerang Kota, Komisaris Besar Komarudin, Selasa (12/4) dini hari.

Hal itu diketahui, kata Komarudin, berdasarkan percakapan atau chatting mereka melalui telepon seluler yang diamankan petugas. Isi dari percakapan itu, pemilik kedua nomor telepon tersebut, mengajak remaja-remaja itu untuk berkumpul di suatu titik.

Baca juga: UI Minta Polisi Serius Tangani Kasus Pengeroyokan Ade Armando

"Naik apa saja yang penting sampai ke Jakarta. Nanti pulangnya kita ongkosin," kata Komarudin mengutip salah satu ajakan itu kepada para remaja agar ikut berunjuk rasa di Jakarta.

Selain itu, Komarudin menjelaskan, ke-92 remaja yang diamankan tersebut didata dan dikembalikan kepada orangtua mereka untuk dibina. Apabila mereka mengulang perbuatannya, maka akan di-blacklist dan tidak bisa mendapatkan SKCK bila membutuhkan.

"Identitas mereka kita masukkan ke database, sehingga bila mereka mengulang perbuatannya kita black list," kata dia.

Para orangtuapun, lanjut Kapolres, saat menjemput mereka di Polres Metro Tangerang kota diwajibkan mengisi surat perjanjian untuk menjaga dan membina anak mereka agar tidak mengulangi perbuatan mereka.

"Dari 92 remaja itu, beberapa di antaranya tadi malam sudah ada yang dijemput. Dan mudah-mudahan hari ini semuanya sudah bisa dipulangkan," kata Komarudin sembari menambahkan, ke-92 remaja itu diamankan dari empat titik ruas jalan dan perbatasan antara Kota Tangerang-Jakarta Barat di Jalan Daan Mogot, Batu Ceper, Kota Tangerang, Banten.

Saat diamankan, tambah Komarudin, semuanya tidak kedapatan membawa senjata tajam. Melainkan hanya membawa beberapa fasilitas untuk berunjuk rasa, seperti bendera merah putih yang sudah kusut lantaran dilipat-lipat dan bendera komunitas mereka. 

"Ya, barang yang mereka bawa, hampir sama dengan apa yang dibawa mayoritas pendemo di Jakarta itu," katanya. (OL-1)

Baca Juga

Antara

Mafia Narkoba Dimungkinkan Ada di Tubuh Polri

👤Siti Yona Hukmana 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 13:21 WIB
Dia mengatakan sama halnya dalam organisasi mafia yang memiliki kode etik Omerta. Mereka saling menutupi kejahatan dan memiliki jiwa korsa...
ANTARA FOTO/Indrianto EKo

HUT Ke-77 RI, Anies: Ini Perjuangan Seluruh Bangsa

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 12:12 WIB
Anies mengatakan, kemerdekaan bukan hanya dinyatakan oleh satu atau dua orang, melainkan seluruh komponen...
dok.Ant

Anies: Persatuan Bisa Terwujud Jika Kesetaraan Tercapai

👤Andhika Prasetyo 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 11:43 WIB
GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan persatuan dan kesatuan bangsa bisa sepenuhnya diwujudkan jika pemerintah bisa menciptakan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya