Selasa 02 November 2021, 19:10 WIB

DPRD Sebut Pemprov DKI Belum Siap Hadapi Cuaca Ekstrem

Rahmatul Fajri | Megapolitan
DPRD Sebut Pemprov DKI Belum Siap Hadapi Cuaca Ekstrem

Antara
Banjir di Joglo, Jakarta

 

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengatakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta belum siap dalam menghadapi cuaca ekstrem yang diprediksi terjadi dalam beberapa ke depan. Prasetyo mengatakan seharusnya Pemprov DKI mempersiapkan diri dalam menghadapi cuaca ekstrem agar tidak terjadi banjir dilakukan jauh-jauh hari. Ia mengatakan proses pembersihan kali atau sungai di Jakarta harus dilakukan jauh sebelum masuknya cuaca ekstrem. Ia mengatakan jika tidak, maka ancaman banjir akan terus menghantui Ibu Kota.

"Sekali lagi saya bilang kenapa dadakan. kenapa tidak dulu tidak hujan dibersihin. Ini sekali lagi seperti masalahnya cuma di Jakarta seperti itu tidak mau eksekusi," kata Prasetyo, di Jakarta, Selasa (2/11).

Prasetyo juga menyoroti adanya genangan air di sejumlah jalanan di Jakarta. Ia mempertanyakan pembangunan pedestrian yang tidak memperhatikan aliran air. "Semalam saya lewatin jalan itu banyak tergenang air. Itu saya gak mengerti itu pedestrian diperbaiki, bagus itu pedestrian, tapi tali airnya tidak nyambung dengan gotnya atau bagaimana," kata Prasetyo.

"Saya tidak mengerti gimana sih kontraktor itu mengerjakannya, gimana sih pengawasannya dari para SKPD terkait itu, yaitu masalahnya jakarta seperti itu. Tidak kapok, berulang kali masalahnya begitu lagi, masalahnya begitu lagi, masa ga ngerti kalo dikasih tau," tambahnya.

Terpisah, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pihaknya telah mengerahkan seluruh personel untuk mengantisipasi ancaman banjir pada musim hujan kali ini. Ia mengatakan pemerintah telah menyiapkan tempat pengungsian hingga logistik untuk mengantisipasi adanya banjir. Selain itu, pemerintah juga menyiapkan alat ukur curah hujan di 267 kelurahan.

Riza mengakui adanya prediksi cuaca ekstrem di DKI Jakarta beberapa hari ke depan perlu diantisipasi. Ia mengatakan tak hanya pemerintah, masyarakat juga terlibat dalam pencegahan dan penanganan banjir nantinya. "Jadi mohon kesiapan kita semua dan bagi seluruh warga apalagi di masa pandemi. Kalau musim hujan lebat itu penularan bisa lebih cepat. Jadi kami minta juga masyarakat apalagi di daerah yang berpotensi genangan dan banjir, untuk tetap berada di rumah dan melaksanakan protokol kesehatan," pungkasnya. (OL-8)

Baca Juga

dok.humas

Pengembangan Desa Wisata Kertarahayu Bekasi Diapresiasi Dirjen Bina Pemdes

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 23 Januari 2022, 21:39 WIB
DESA wisata Kertarahayu mulai dikembangkan pada tahun 2021, diapresiasi  lantaran mampu menerapkan praktik pengembangan pariwisata...
Antara

Gedung Pemerintah di Jakarta Disewakan untuk Bangun IKN 

👤Despian Nurhidayat 🕔Minggu 23 Januari 2022, 21:09 WIB
"Jadi gedung pemerintah di Jakarta dikomersialkan, disewakan jangka panjang dan uangnya dipakai untuk di sana," ungkapnya kepada...
MI/Andri Widiyanto

Mulai Besok, Rute TransJakarta Ciputat-Tosari Kembali Beroperasi 

👤Selamat Saragih 🕔Minggu 23 Januari 2022, 21:00 WIB
Dia menambahkan, kebijakan ini juga berdasarkan evaluasi yang dilakukan dari kebutuhan dan permintaan pelanggan yang banyak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya