Selasa 31 Agustus 2021, 20:21 WIB

Kapolda Metro Sebut Kerumunan Saat Pandemi Merupakan Kejahatan

Rahmatul Fajri | Megapolitan
Kapolda Metro Sebut Kerumunan Saat Pandemi Merupakan Kejahatan

MI/Susanto
Satpol PP meminta pedagang kaki lima mengemasi barang agar tidak menimbulkan kerumunan

 

KAPOLDA Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengatakan kerumunan bisa menjadi makna tambahan dari terminologi atau istilah kejahatan pada pandemi covid-19 seperti sekarang. Menurut Fadil, tindakan yang menimbulkan kerumunan sehingga berpotensi memunculkan penularan virus corona merupakan salah satu wujud tindak kejahatan. 

"Di masa pandemi seperti saat ini kejahatan dapat didefinisikan kembali, seperti tindakan yang menimbulkan kerumunan dapat dengan mudah menjadi sarana transmisi atau penularan virus," ujar Fadil, dikutip dari akun Instagram miliknya, @kapoldametrojaya, Selasa (31/8). 

"Hal tersebut dapat kita definisikan sebagai perilaku kejahatan, karena merugikan diri sendiri dan orang lain," tambahnya. 

Fadil menegaskan pihaknya akan menindak tegas segala pelanggaran protokol kesehatan semasa pandemi, misalnya aksi turun ke jalan guna menyampaikan pendapat. Menurutnya, banyak wadah penyampaian aspirasi yang bisa dilakukan tanpa harus membahayakan keselamatan, seperti petisi daring atau audiensi daring.

Baca juga : Pelaku Penyekapan Direktur Perusahaan Kontruksi Ditangkap di Depok

"Polda Metro Jaya akan menegakkan hukum yang tegas bagi para pelanggar protokol kesehatan. Namun, wadah untuk menyuarakan suara masyarakat akan kami buka selebar-lebarnya, tentunya dengan tindakan yang lebih bijak dan tidak merugikan," tutur Fadil. 

Fadil menegaskan apa yang dilakukan pihaknya sebagai upaya menjaga kesehatan dan keselamatan bersama, di tengah ancaman virus yang mematikan. 

"Semua ini saya lakukan untuk mewujudkan apa yang saya dan juga anda cita-citakan, demi Jakarta yang sehat, damai dan sejuk," tandas Fadil.(OL-7)

Baca Juga

dok.ant

Ini 14 Lokasi Bayar Pajak Kendaraan di Jadetabek

👤Muhammad Fauzi 🕔Rabu 19 Januari 2022, 10:20 WIB
LAYANAN Samsat Keliling ini hanya melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB)...
MI/ANDRI WIDIYANTO

BMKG Peringatkan Cuaca Ekstrem di Jabodetabek dalam Tiga Hari ke depan

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 19 Januari 2022, 09:52 WIB
Sebagian besar wilayah Jabodetabek termasuk wilayah yang diprediksikan mengalami puncak musim hujan pada periode Januari 2021...
dok.mi

Pengeroyokan TNI AD Hingga Tewas, 2 Tersangka DPO Serahkan Diri

👤Hilda Julaika 🕔Rabu 19 Januari 2022, 09:20 WIB
DUA tersangka dari empat Daftar Pencarian Orang (DPO) kasus pengeroyokan seorang TNI AD di Penjaringan, Jakarta Utara menyerahkan diri....

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya