Senin 14 Juni 2021, 17:11 WIB

Jaksa Jawab Pernyataan Rizieq soal Oligarki Anti-Tuhan

Rahmatul Fajri | Megapolitan
Jaksa Jawab Pernyataan Rizieq soal Oligarki Anti-Tuhan

Antara/Fakhri Hermansyah.
Sejumlah petugas kepolisian membubarkan massa pendukung Muhammad Rizieq Shihab usai sidang beberapa waktu lalu.

 

JAKSA penuntut umum mengatakan Rizieq Shihab berkoar-koar tanpa dalil yang kuat saat menyebut ada oligarki anti-Tuhan yang ingin memenjarakannya. Rizieq sebelumnya menyebut dirinya dijerat hukum, karena dianggap sebagai halangan dan ancaman bagi gerakan oligarki anti-Tuhan.

Hal tersebut disampaikan jaksa saat membacakan nota tanggapan atau replik atas pleidoi atau nota pembelaan yang dilayangkan terdakwa Muhammad Rizieq Shihab (MRS) atas perkara hasil tes swab palsu RS UMMI di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Senin (14/6). Jaksa menyebut pernyataan Rizieq soal oligarki anti-Tuhan tidak berdasar dan hanya merupakan wujud dari kekesalan.

Ia mengatakan Rizieq juga salah tempat dengan menyebut oligarki anti-Tuhan di meja hijau. "Entah ditujukan kepada siapa oligarki anti-Tuhan tersebut padahal seluruh warga negara berketuhanan. Seharusnya terdakwa menguraikan kekesalannya bukan di sini tempatnya," kata jaksa.

Selain itu, jaksa menyebut Rizieq dalam pembelaannya kerap melontarkan pernyataan yang tidak berhubungan dengan pokok perkara, seperti menyinggung soal kasus Ahok, Denny Siregar, Ade Armando, hingga Diaz Hendropriyono. Jaksa menilai Rizieq hanya menyampaikan keluh kesah yang tak berdasar dan disayangkan juga melalui kata-kata kasar.

"Habib Muhammad Rizieq terlalu banyak menyampaikan keluh kesahnya yang hampir tidak ada hubungannya dengan pokok perkara yang sedang disidangkan, kemudian ada kata-kata hujatan. Mudah sekali menghujat orang lain," tutur jaksa.

 

"Emosi tanpa kontrol dan mengaitkan orang lain dalam pembelaan yang tidak ada hubungannya sama sekali. Di antaranya perkara Ahok, juga menghubungkan dengan Abu Janda, Ade Armando, Denny Siregar, selain dari pada itu, menghubungkan dengan Diaz Hendropriyono yang semuanya tidak ada nyambungnya," sambung jaksa. (OL-14)

Baca Juga

MI/Susanto

Meriahkan Jakarta Hajatan, Pemkot Jakpus Gelar Acara di Lapangan Banteng

👤 Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 25 Mei 2022, 10:28 WIB
PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta menggelar pencanangan hari ulang tahun ke-495 Kota Jakarta dari Pulau Bidadari, Kabupaten Kepulauan Seribu,...
dok.Humas Polres Jakbar

Gerebek Kampung Ambon Polisi Tangkap 2 Pengedar Narkoba

👤Rahmatul Fajri 🕔Rabu 25 Mei 2022, 09:50 WIB
POLISI menggerebek Komplek Permata atau yang dikenal Kampung Ambon di Cengkareng, Jakarta Barat. Dua orang pengedar narkoba ditangkap dalam...
AFP/BAY ISMOYO

Polda Metro Janji Berupaya tidak Ada Penutupan Jalan Saat Penyelengaraan Formula E

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 25 Mei 2022, 08:45 WIB
Pihak kepolisian dan panitia penyelenggara telah melakukan survei di sejumlah titik menuju lokasi untuk menentukan kebijakan rekayasa lalu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya