Selasa 18 Mei 2021, 23:58 WIB

Pemudik tanpa Surat Bebas Covid-19 Diimbau Lapor Polsek

Ant | Megapolitan
Pemudik tanpa Surat Bebas Covid-19 Diimbau Lapor Polsek

Dok MI
Warga tolak pemudik

 

POLDA Metro Jaya mengimbau kepada pemudik yang mendapat penolakan dari lingkungan sekitar lantaran tidak mempunyai surat keterangan bebas covid-19 untuk mendatangi Polsek terdekat.

"Fenomena sekarang yang ada RT-RT, RW-RW menolak warganya yang mudik kembali tanpa memperlihatkan surat 'swab' antigen," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Selasa (18/5).

Yusri mengatakan Polda Metro Jaya telah menyiapkan fasilitas tes usap antigen gratis bagi para pemudik yang kembali ke Jakarta.

Dia pun mengajak pemudik yang tidak mempunyai surat keterangan bebas korona untuk mendatangi Polsek terdekat di wilayah hukum Polda Metro Jaya untuk mendapatkan tes usap antigen gratis

"Makanya kebijakan yang dikeluarkan Kapolda Metro Jaya semua Polsek-Polsek di wilayah Polda Metro Jaya disiapkan pos 'swab' antigen gratis. Silahkan ke situ nanti dapat surat keterangan," katanya.

Petugas juga telah bersiap apabila ada pemudik yang positif dan selanjutnya melakukan asesmen apakah yang bersangkutan akan menjalani isolasi mandiri atau dibawa ke Wisma Atlet.

"Kami sudah ada inovasi juga menempelkan stiker di depan rumahnya apakah ini isolasi mandiri ataukah memang harus dirujuk ke Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran," kata Yusri.

Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurrachman dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran, beserta jajaran pada Senin pagi (17/5) meninjau dua menara (tower) di RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, sebagai langkah antisipasi menghadapi lonjakan kasus COVID-19.

Peninjauan ini dilakukan dalam rangka mengecek kesiapan, baik kapasitas ruangan, ketersediaan tempat tidur, hingga tenaga kesehatan dan personel pengamanan untuk mengantisipasi potensi lonjakan kasus positif COVID-19 di DKI Jakarta.

"Kami cek bersama Kapolda baik kesiapan personel tenaga medis, unsur pengamanan dan sarana prasarana yang disiapkan di sini, sehingga apabila terjadi lonjakan, kita sudah siap mengantisipasi," kata Pangdam di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat.

Menurut Dudung, lonjakan kasus positif COVID-19 harus diantisipasi dengan adanya arus balik Idul Fitri. (OL-8)

Baca Juga

MI/Ramdani

Sejumlah Tempat Usaha di Kelapa Gading Langgar PPKM Mikro

👤Hilda Julaika 🕔Minggu 20 Juni 2021, 14:43 WIB
Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim menuturkan, pengawasan yang berlangsung Sabtu (19/6) malam tersebut ditemukan beberapa...
Antara

Polda Metro Segel Kafe di Kuningan Selama Tujuh hari

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 20 Juni 2021, 14:11 WIB
"Jadi tadi kita sudah memutari daerah Jakarta ternyata masih ada tempat hiburan yang masih buka sampai jam 10.30 WIB," kata...
MI/Rudi Kurniawansyah

Cegah Kerumunan, Kartu Vaksin Kota Bekasi Diantar ke Rumah

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Minggu 20 Juni 2021, 13:49 WIB
"Akan lebih efektif jika petugas pamor yang akan mengantar ke rumah masing-masing usai lakukan vaksin. Sehingga warga tidak perlu lagi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Perlindungan Ganda terhadap Virus Korona dan Flu

DALAM perlombaan vaksin, perusahaan AS Novavax terlambat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya