Minggu 02 Mei 2021, 15:57 WIB

Tanah Abang Dipadati Warga, Ekonom : Efek Pencairan THR dan Bansos

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Tanah Abang Dipadati Warga, Ekonom : Efek Pencairan THR dan Bansos

MI/Ramdani
Para pengunjung memadati Pasar Tanah Abang untuk berbelanja kebutuhan lebaran Idul Fitri 1442 H, Minggu (2/5/2021)

 

EKONOM Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Yusuf Rendy Manilet berpendapat, kerumunan yang terjadi di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, karena didasari beberapa hal. Seperti cairnya Tunjangan Hari Raya (THR) oleh perusahaan dan bantuan sosial (bansos) dari pemerintah.

"Karena memang adanya THR yang sudah mulai dibagikan secara penuh, kemudian bantuan dari pemerintah seperti Bantuan Sosial Tunai (BST) dan bansos lain yang sudah disalurkan," ungkap Yusuf kepada Media Indonesia, Minggu (2/5).

Seperti diketahui, beberapa perusahaan sudah membagikan THR ke pegawainya jelang lebaran pada pertengahan Mei. Soal BST misalnya, Pemprov DKI Jakarta dalam akun instagram @dkijakarta menyatakan telah mencairkan dana bantuan tahap empat itu mulai Jumat (30/4) sebesar Rp300 ribu. Pencairan BST tahap empat itu bakal ditransfer langsung ke rekening penerima.

Yusuf juga mengatakan, faktor lain yang menyebabkan Pasar Tanah Abang dipadati warga karena dianggap sebagai faktor seasonal atau musiman jelang Hari Raya Idul Fitri.

"Faktor seasonal ini umumnya masyarakat memang memanfaatkan momentum lebaran untuk berbelanja," ucapnya.

Selain itu, Yusuf melihat kondisi seperti juga dianggap menunjukkan beberapa kelompok masyarakat memiliki pendapatan yang sudah jauh lebih membaik dibandingkan dengan tahun lalu.

Terpisah, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menyesalkan kerumunan yang terjadi di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Masyarakat berkerumun untuk berbelanja kebutuhan jelang lebaran.

Kegiatan berbelanja itu mestinya bisa dicegah dengan memperhatikan protokol kesehatan ketat. Sehingga, momentum Idul Fitri tidak memperburuk situasi pandemi Covid-19

"Saya sangat menyayangkan kondisi ini," kata juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. (Ins/OL-09)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia di Jakut Capai 85%

👤Hilda Julaika 🕔Kamis 06 Mei 2021, 08:01 WIB
Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) Jakarta Utara mencatat, hingga kini vaksinasi covid-19 bagi warga lanjut usia (lansia) di wilayahnya sudah...
ANTARA

Hujan Akan Terjadi Di Sebagian Jakarta Siang Ini

👤Widhoroso 🕔Kamis 06 Mei 2021, 06:35 WIB
BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di seluruh wilayah DKI Jakarta berawan pada pagi hari, Kamis...
Antara

Vaksinasi Covid di DKI Jangkau Warga Pemukiman Padat Penduduk

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 05 Mei 2021, 21:27 WIB
KADINKES DKI Jakarta Widyastuti, mengatakan, Pemprov DKI Jakarta melakukan percepatan vaksinasi covid-19 dengan menjangkau pemukiman padat...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Citarum Mulai Harum

  Sudah tiga tahun Sungai Citarum dikeroyok. Sampah mulai berkurang, air terlihat lebih bersih.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya