Jumat 26 Februari 2021, 15:55 WIB

Anies Targetkan Mobil Berumur 10 Tahun ke Atas Dilarang pada 2025

Selamat Saragih | Megapolitan
Anies Targetkan Mobil Berumur 10 Tahun ke Atas Dilarang pada 2025

Dok.MI
Uji emisi mobil

 

DALAM rangka pengendalian kualitas udara Jakarta, Gubernur DKI, Anies Baswedan, mengeluarkan instruksi untuk melarang mobil dengan usia di atas 10 tahun untuk melintas di jalanan Ibu Kota. Aturan itu tertuang dalam Instruksi Gubernur DKI Jakarta No 66/2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara ditandatangani Anies pada 1 Agustus 2019.

Di dalam aturan tersebut, Anies memerintahkan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta untuk mempercepat peremajaan sebanyak 10.047 armada bus kecil, sedang dan ukuran besar melalui integrasi ke dalam program Jak Lingko.

Jajaran yang terkait juga diperintahkan untuk memperketat ketentuan uji emisi bagi seluruh kendaraan pribadi mulai dari tahun 2019. "Bahkan memastikan tidak ada kendaraan pribadi berusia lebih dari 10 tahun yang dapat beroperasi di wilayah DKI Jakarta pada tahun 2025," tulis Anies dalam Ingub tersebut.

Untuk itu, seluruh kendaraan bermotor disyaratkan untuk melaksanakan uji emisi secara berkala. Jika tidak dilakukan, ijin operasional kendaraan tidak akan diterbitkan.

"Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta agar menyiapkan rancangan Peraturan Daerah tentang Pembatasan Usia Kendaraan di atas 10 tahun pada tahun 2020," begitu isi peraturan itu.

Rencana pembatasan usia kendaraan itu dikonfirmasi Kepala Bidang Pengendalian Dampak Lingkungan DLH DKI Jakarta, Yusiono Supalal, belum lama ini.

"Benar, itu merupakan salah satu upaya menekan emisi pada tahun 2025," ujarnya. Namun, Yusiono mengaku belum ada ketetapan turunan yang dipersiapkan terkait mekanisme penerapan instruksi tersebut.

"Sedang diformulasikan untuk arah ke sana," ungkapnya. (OL-4)

Baca Juga

MI/Sayuti.

2021 Jakarta Masuk Kota Termahal di Dunia

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 13 April 2021, 14:42 WIB
Jakarta masih berada di atas Mexico City, Mumbai, Vancouver, Sao Paulo, dan...
Antara

Anies Bersyukur Covid-19 di Jakarta Mulai Terkendali

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 13 April 2021, 14:00 WIB
GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan wabah covid-19 di Ibu Kota relatif...
dok.priba

Diduga Palsukan Bukti Transfer, Reseller Madu Dilaporkan ke Polisi

👤Selamat Saragih 🕔Selasa 13 April 2021, 13:10 WIB
MODUS penipuannya dengan cara memalsukan bukti transfer M Banking BCA. Akibat kasus ini PT Fisar Berkah Arta mengalami kerugian sebesar...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya