Sabtu 20 Februari 2021, 23:10 WIB

Cuaca Ekstrem di Jabodetabek Disebabkan Sejumlah Faktor

Widhoroso | Megapolitan
Cuaca Ekstrem di Jabodetabek Disebabkan Sejumlah Faktor

MI/Sumaryanto Bronto
Kondisi jalan Kemang Raya yang terendam banjir di Jakarta, Sabtu, (20/2/2021).

 

Cuaca ekstrem di wilayah Jabodetabek yang terjadi beberapa hari terakhir disebabkan sejumlah faktor. Hal itu diungkapkan Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Guswanto, Sabtu (20/2).  

Sejumlah faktor tersebut adalah pada 18-19 Februari tarpantau adanya seruakan udara dari Asia yang cukup signifikan mengakibatkan peningkatan awan hujan di Indonesia bagian barat. Kemudian terpantau aktivitas gangguan atmosfer di zona equator (Rossby equatorial) mengakibatkan adanya perlambatan dan pertemuan angin dari arah utara membelok tepat melewati Jabodetabek, sehingga terjadi peningkatan intensitas pembentukan awan-awan hujan.

Juga adanya tingkat labilitas dan kebasahan udara di sebagian besar wilayah Jawa bagian barat yang cukup tinggi, hal ini menyebabkan peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Jabodetabek. Selain itu juga terpantau adanya daerah pusat tekanan rendah di Australia bagian utara yang membentuk pola konvergensi di sebagian besar Pulau Jawa dan berkontribusi juga dalam peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di barat Jawa termasuk Jabodetabek.

Ia menambahkan, curah hujan yang terjadi saat ini di DKI Jakarta  masih lebih rendah dibandingkan curah hujan pada Januari 2020 yang juga menyebabkan banjir di wilayah Jabodetabek.

"Ada beberapa faktor penyebab banjir di DKI Jakarta yaitu hujan yang jatuh di sekitar Jabodetabek yang bermuara di Jakarta, kemudian hujan yang jatuh di Jakarta sendiri serta ada pasang laut. Selain itu daya dukung lingkungan juga sangat berpengaruh," katanya.

Saat ini wilayah Jabodetabek masih masuk puncak musim hujan yang diperkirakan masih berlangsung pada akhir Februari hingga awal Maret 2021. (RO/OL-15)

Baca Juga

Antara

Pasar Cisalak Depok Rawan Pencurian Motor

👤Kisar Rajaguguk 🕔Jumat 26 Februari 2021, 08:30 WIB
Mayoritas kasus pencurian motor terjadi pada dini hari. Saat pedagang di Pasar Cisalak sibuk berjualan dan kondisi parkiran...
Antara/Fakhri Hermansyah

3.000 Lansia di Jakarta Utara Sudah Divaksinasi

👤Hilda Julaika 🕔Jumat 26 Februari 2021, 07:26 WIB
Sejauh ini, belum ada laporan efek sedang maupun berat yang dialami warga lansia penerima vaksin covid-19 di wilayah Jakarta...
ANTARA

Hujan Diprediksi Guyur Jakarta Sepanjang Jumat (26/2)

👤Widhoroso 🕔Jumat 26 Februari 2021, 05:10 WIB
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakiraan cuaca di DKI Jakarta diguyur hujan sepanjang, Jumat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya