Kamis 18 Februari 2021, 19:08 WIB

Nekat, Penipu ini Beraksi di Markas Polda Metro Jaya

Rahmatul Fajri | Megapolitan
Nekat, Penipu ini Beraksi di Markas Polda Metro Jaya

Ilustrasi
Ilustrasi penipuan

 

SUB Direktorat 3 Resmob Dit Reskrimum Polda Metro Jaya membekuk Rizky atau RMP yang berpura-pura sebagai polisi untuk menipu JW. 

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, pelaku mengaku sebagai polisi yang bertugas di Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya. 

Pelaku kemudian menghubungi JW yang akan menjual ponsel Iphone 11 senilai Rp10 juta pada Jumat (5/2). Mereka lalu bertemu keesokan harinya di kantin Polda Metro Jaya untuk melakukan negosiasi.

"Dia melakukan kejahatan di area Polda Metro Jaya. Motivasinya dilakukan di sini adalah lebih mudah bagi korban dan lebih percaya terhadap si pelakunya," kata Yusri ketika konferensi pers di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (18/2).

Yusri mengatakan saat negosiasi, tersangka meminjam ponsel yang akan dibeli dari korban dan berpura-pura mengecek di gedung Direktorat Narkoba. Pelaku meninggalkan tas atau ransel yang di bawa untuk membuat korban percaya. 

Baca juga : Polisi Tetapkan Jennifer Jill Tersangka Kasus Narkoba

Namun, setelah 30 menit korban menunggu, tersangka tak kunjung menampakkan batang hidungnya. Merasa telah ditipu, korban melapor ke polisi.

Polisi lalu menyelidiki laporan korban dan menangkap tersangka yang merupakan karyawan swasta di salah satu perusahaan di Jakarta itu.

Lebih lanjut, Yusri mengatakan pihaknya masih mendalami keterangan tersangka karena berani berbuat kriminal di lingkungan Polda Metro Jaya. Selain itu, polisi juga mendalami berapa kali pelaku beraksi sebagai polisi gadungan untuk menipu korban.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman lima tahun penjara dan Pasal 378 KUHP tentang penipuan dengan ancaman p empat tahun penjara. (OL-7)

Baca Juga

Dok.MI

Anak-anak Pelaku Tawuran di Kemayoran Dibebaskan

👤Christian 🕔Sabtu 17 April 2021, 03:35 WIB
Polsek Kemayoran menangkap enam orang terkait aksi tawuran sarung beberapa waktu lalu. Namun, mereka tak ditahan lantaran masih berusia di...
 ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

14% Vaksinasi Covid-19 Indonesia Ada di Jakarta

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 16 April 2021, 23:15 WIB
Hingga hari ini Jakarta telah mencatatkan penyuntikan 2.429.144 dosis. Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.615.457 dosis merupakan penyuntikan...
dok.mi

Jumlah Kasus Baru Positif Covid di Jakarta Menurun

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 16 April 2021, 23:05 WIB
DARI data terkini Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Jumlah kasus baru menurun jika dibandingkan dengan kemarin yang sebanyak 1.330 kasus...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya